Detik-detik Suara Azan Terdengar Kembali dari Masjid Hagia Sophia, Ratusan Warga Abadikan Momen


Ahad, 12 Juli 2020 - 03:10:51 WIB
Detik-detik Suara Azan Terdengar Kembali dari Masjid Hagia Sophia, Ratusan Warga Abadikan Momen https://youtu.be/u0Z0kuycBZY

RIAUIN.COM - Peresmian kembalinya Hagia Sophia menjadi masjid merupakan kebahagiaan besar bagi umat Muslim di Turki. Sejak tahun 1931, Sabtu (11/7/2020) merupakan azan pertama yang dikumandangkan dari bangunan masyhur tersebut.

Detik-detik pengumandangan azan untuk pertama kalinya tersebut mendapat perhatian luas dari masyarakat Turki, khususnya Kota Istanbul. Situasi ini persis seperti masa Kesultanan Utsmani silam.

Tepatnya pada Jumat 10 Juli 2020, Hagia Sophia bisa kembali menjadi masjid yang juga diumumkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan lewat akun Twitternya, @RTErdogan.

Sontak saja, kebijakan ini disambut haru oleh banyak warga Turki, sehingga mereka merayakan momen langka itu dengan berkumpul penuh suka ria.

Meskipun, atas keputusan itu Turki mendapat kecaman dari banyak negara Barat, tetapi Turki tetap mengembalikan fungsi Hagia Sophia seperti dulu.

Seiring dengan lantunan azan, warga Turki beramai-ramai mendekat ke halaman Hagia Sophia untuk merekam momen bersejarah ini.

Dalam sekejap saja, ratusan orang terlihat memenuhi lapangan dengan ponsel dan atribut kebanggaan mereka.

Bahkan, beberapa ada yang membawa bendera Turki modern berwarna merah dara dengan lambang bulan sabit dan bintang di tengahnya.

Lalu ada pula yang membawa bendera Utsmani berwarna hitam dengan emblem kebanggaannya.

Adapun video detik-detik azan pertama itu diunggah oleh netizen Turki, termasuk akun @poeticlass pada Jumat malam, 10 Juli 2020.

"Azan pertama di Hagia Sophia setelah keputusan Turki mengembalikannya menjadi masjid lagi. Momen yang hebat," demikian bunyi cuitan akun Twitter tersebut.

Sedangkan dalam video tersebut, nampak orang-orang tak sabar untuk mendengar momentum paling mengharukan bagi Muslim Turki.

Di sisi lain, ditemukan rekaman lain yang terdengar tepukan dan teriakan meriah dari warga Turki menyambut seruan shalat dari Hagia Sophia.

Lebih dari itu, keputusan menjadikan Hagia Sophia berfungsi sebagai masjid lagi, juga menguntungkan umat islam.

Pasalnya, Hagia Sophia akan meniadakan tiket masuk yang biasa dikenakan saat difungsikan sebagai museum seperti yang dicuitkan seorang netizen yang sama, @poeticlass.

"Pintu masuk Museum Hagia Sophia berbiaya 100 Lira Turki. Kini gratis. Saya tinggal di Istanbul dan hanya melihat isinya sekali ketika masih 9 tahun,

"Itu sangat mahal ketika saya tumbuh menjadi pelajar. Nonmuslim bisa mengunjunginya seperti ketika datang ke masjid biru yang jaraknya 3 menit saja,

"Namanya sekarang berubah ke nama lama ketika masih menjadi masjid. Sekarang Ayasofya-i Kebir Mosque (Masjid Besar Ayasofya),

"Nama itu tercatat dalam akta tahun 1936 yang dimasukkan oleh yayasan Ebulfatih Sultan Mehmet," demikian bunyi cuitan pengguna Twitter @poeticlass tersebut. - gha