Peraih Guiness World Records

Kembar Siam Tertua di Dunia Meninggal Dunia, Ronnie-Donnie Tutup Usia 68 Tahun


Jumat, 10 Juli 2020 - 00:06:56 WIB
Kembar Siam Tertua di Dunia Meninggal Dunia, Ronnie-Donnie Tutup Usia 68 Tahun Ronnie dan Donnie, pasangan kembar siam asal Amerika Serikat meninggal dunia 4 Juli 2020 lalu. | F: AFP

AMERIKA SERIKAT, RiauIN.com - Kembar siam tertua di dunia Ronnie dan Donnie Galyon meninggal dunia pada usia 68 tahun. Penyebab kematiannya adalah penurunan kesehatan selama 10 tahun terakhir.

Kembar siam asal Beavercreek, Amerika Serikat, ini secara tidak langsung menutup rekor dunia yang pernah dicatat Guinness World Records. Mereka dinyatakan meninggal dunia pada 4 Juli 2020.

Ronnie dan Donnie sudah kembar dempet sejak di dalam kandungan. Mereka lahir pada 25 Oktober 1951. Terlahir sebagai kembar dempet bukan sesuatu yang mudah, tapi mereka mampu melewati hidup yang panjang di dunia ini.

Menurut laporan Guinness World Records, Ronnie dan Donnie memecahkan rekor sebagai saudara kembar siam tertua setelah mengalahkan sejarah lahirnya anak kembar siam Chang dan Eng Bunker (lahir 11 Mei 1811 dan meninggal dunia 17 Januari 1874) yang wafat di usia 62 tahun.

Sebelum mencatat sejarah, Ronnie dan Donnie memang memiliki mimpi untuk bisa ada di dalam deretan Guiness World Records. Sampai akhirnya mimpi mereka terwujud, itu salah satu momen paling berharga dalam hidupnya.

Ada fakta menarik dari kembar siam Ronnie dan Donnie ini. Meski mereka tumbuh dalam satu tubuh, ternyata sifat mereka berbeda. Dijelaskan di sana, yang satu bersikap santai, satunya lagi temperamen. Mereka bahkan berbeda pendapat dalam hal politik.

Tidak hanya itu, tinggi tubuh mereka pun ternyata berbeda, walau berpijak di kaki yang sama. Ronnie tingginya 172.72 cm, sedangkan Donnie tingginya 162,5 cm. Beda kurang lebih 10 cm.

Bagaimana dengan kesehariannya? Ronnie dan Donnie ternyata tampil rutin di pagelaran sirkus dan karnaval. Pekerjaan tersebut mereka lakoni selama lebih dari 36 tahun. Namun, mereka memutuskan rehat dari pekerjaan itu pada 1991.

Setelah memutuskan berhenti bekerja di sirkus, Ronnie dan Donnie hidup bersama dengan adiknya yang bernama Jim Galyon. Kabar ini pun membuat sukarelawan membantu kehidupan si kembar siam ini dengan memperbesar rumah Jim.

Hal ini dilakukan orang-orang baik itu agar Ronnie dan Donnie bisa hidup nyaman di dalam rumah Jim yang sebelumnya tak begitu luas. Terlebih, Ronnie dan Donnie harus ada di atas kursi roda, karena itu perlu ruang yang cukup besar untuk tinggal di rumah.

Penampilan perdana Ronnie dan Donnie di layar televisi adalah saat mereka dinyatakan sebagai kembar siam tertua di dunia pada acara Guinness World Records Primetime pada 1998.

Sekarang, warisan Ronnie dan Donnie adalah catatan fakta bahwa mereka kembar siam tertua di dunia dan itu akan abadi di Guinness World Records dan menanti siapa generasi selanjutnya yang akan menggantikan predikat tersebut.(tra)