Desa Suka Maju Dipilih Jadi Kampung Tangguh di Kuansing, Di-Launching Bupati Mursini


Kamis, 09 Juli 2020 - 20:07:22 WIB
Desa Suka Maju Dipilih Jadi Kampung Tangguh di Kuansing, Di-Launching Bupati Mursini Bupati Kuansing H Mursini meresmikan Desa Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir sebagai Kampung Tangguh. | F: Istimewa

KUANSING, RiauIN.com - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Mursini menghadiri kegiatan launching Kampung Tangguh - Jaga Kampung, Kamis (9/7/2020) di Desa Suka Maju Kecamatan Singingi Hilir.

Adapun tujuan kegiatan ini merupakan amanat dari Kapolri yang bertujuan untuk memutus mata rantai Covid-19. Selain itu juga menjadi sarana edukasi serta mewujudkan kesiapan masyarakat desa dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Setelah melalui berbagai pertimbangan dan kesiapsiagaan makan ditetapkan Desa Suka Maju Kecamatan Singingi Hilir. Hal ini sesuai surat Keputusan Bupati Kuantan Singingi Nomor : Kpts. 192/VI/2020 tanggal 24 Juni 2020.  

Dalam sambutannya Bupati Mursini menyampaikan beberapa aspek yang dinilai yakni, pertama dari segi kesehatan, bagaimana penanganan kesehatan, pos pengamanan, posko covid-19 dan keberadaan kelompok masyarakat yang menjadi tim gugus di tingkat desa.

Kedua dari segi perekonomian, dimana desa memiliki kesiapsiagaan ketahanan pangan yang memiliki lahan untuk ditanam, sekaligus dari segi perikanannya dan desa ini menyatakan siap dengan semua ini.

Ketiga dari segi keamanan, desa ini memiliki Pos Kamling yang aktif dan desa yang bebas narkoba. Selanjutnya di Desa Suka Maju juga dapat menyediakan rumah isolasi atau tempat karantina bagi warga yang baru datang dari luar daerah.

"Dari beberapa aspek tersebut Desa Suka Maju sebagai desa Tangguh Nusantara dan dapat dijadikan pilot project di Kuansing, “ujar Bupati Mursini.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto, Ketua Pengadilan, Pabung, Kadis Pertanian, Kadis Perikanan, Kadis Kesehatan dan direktur RSUD. - advetorial