BNPT Gelar Survei Kebhinekaan, Tim Enumerator FKPT Riau Di-Coaching Sebelum Turun


Kamis, 09 Juli 2020 - 05:38:41 WIB
BNPT Gelar Survei Kebhinekaan, Tim Enumerator FKPT Riau Di-Coaching Sebelum Turun Ketua FKPT Riau Hj Dinawati dan tim enumerator siap menyukseskan survei kebhinekaan yang dilaksanakan BNPT. | F: Istimewa

PEKANBARU, RiauIN.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada tahun 2020 melaksanakan penelitian berjudul “Survei Penguatan Kebhinnekaan dan Literasi Digital Dalam Upaya Menangkal Radikalisme Melalui FKPT". 

Dalam penelitian tersebut BNPT melibatkan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di seluruh provinsi, termasuk FKPT Riau. Untuk itu semua enumerator mendapatkan pelatihan khusus dari BNPT sebelum terjun ke lapangan mengumpulkan data.

Ketua FKPT Riau Hi Dinawati mengatakan, hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan kebijakan nasional dalam pencegahan radikalisme dan terorisme.

“Seharusnya kegiatan coaching ini terlaksana pada akhir bulan lalu, karena masa pandemi Covid-19 di menjadi sedikit terkendala. Enumerator sebagai barisan terdepan dalam melakukan survey kebhinnekaan dan literasi digital ini. Lakukan survei ini dengan baik dan benar agar menghasilkan rekomendasi tentang perkembangan radikalisme di Riau,” kata Ketua FKPT Riau, Hj Dinawati SAg MM, Kamis (9/7/2020). 

Dikatakan, kegiatan coaching enumerator di Pekanbaru, Senin (6/7/2020) lalu, sudah berhasil dilaksanakan dengan melibatkan dosen perguruan tinggi dan kalangan profesional.

Penelitian nanti akan menjadi garda terdepan dan sebuah pijakan dalam menentukan bentuk kegiatan pencegahan radikalisme ke depan. 

“Harapan kami setidaknya itu menjadi pijakan bagaimana perkembangan radikalisme dan terorisme bisa dicegah di Provinsi Riau. Saya percaya setiap kabupaten/kota yang menjadi daerah penelitian memiliki karakteristiknya masing-masing,” tegas Hj Dinawati.

Hasil survei ini, tambah Hj Dinawati, bisa dijadikan sebuah sumber referensi bagi kalangan tertentu maupun akademisi.

"Survei ini nanti menjadi bahan kepada Gubernur Riau. Karena dari audiensi beberapa waktu lalu beliau pernah menyampaikan perkembangan radikalisme di Riau cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini," ujar Hj Dinawati

Hal senada diungkapkan Ketua Bidang Penelitian dan Pengkajian FKPT Riau, DR Tohirin MPd. Dia menyebut penelitian yang dilakukan tahun 2020 ini memiliki kelebihan dibandingkan penelitian-penelitian sebelumnya.

"Survei ini diikuti oleh 20 orang enumerator yang rata-rata berpendidikan sarjana dan dalam pelaksanaannya enumerator diwajibkan memakai masker sebagai standar protokol Covid-19," ujar Tohirin.

“Ini akan langsung menyentuh masyarakat sampai di akar rumput, jadi kita akan sama-sama tahu bagaimana sebenarnya pendapat masyarakat tentang radikalisme,” ungkap Tohirin.


Survei Penguatan Kebhinnekaan dan Literasi Digital Dalam Upaya Menangkal Radikalisme ini dilaksanakan BNPT dan FKPT di 32 provinsi se-Indonesia. Kegiatan ini sendiri diawali dengan coaching enumerator dan ditutup dengan seminar hasil penelitian nantinya.(rls/tra)