Cegah Karhutla, Afrizal Minta Perusahaan di Pelalawan Kerja Sama dengan Pemda dan Warga


Selasa, 07 Juli 2020 - 07:27:12 WIB
Cegah Karhutla, Afrizal Minta Perusahaan di Pelalawan Kerja Sama dengan Pemda dan Warga Afrizal, anggota DPRD Pelalawan.

PELALAWAN, RiauIN.com - Kebakaran hutan dan lahan yang hampir setiap tahun terjadi di Kabupaten Pelalawan, Riau, ketika musim kemarau datang membuat khawatir berbagai kalangan masyarakat. Seperti yang terjadi baru-baru ini di lahan milik PT Arara Abadi, anak perusahaan PT Indah Kiat.

Lahan yang terbakar tersebut berlokasi diperbatasan Desa Merbau Kecamatan Bunut dan Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti serta Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci.

Untuk mengantisipasi agar peristiwa tersebut tidak berlanjut di Negeri Tuah Seiya Sekata ini, anggota komisi III DPRD Kabupaten Pelalawan, Afrizal, mengimbau perusahaan perkebunan yang beroperasi di Pelalawan agar berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah daerah dalam menjaga lahannya, supaya tidak terbakar dan dibakar.

"Kita meniimbau kepada perusahaan khususnya di Pelalawan, baik yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit atau hutan taman industri supaya mengantisipasi sedini mungkin agar tidak terjadi kebakaran," terang Afrizal kepada RiauIN.com Senin (6/7/2020) di kantor DPRD Kabupaten Pelalawan.

Tidak hanya mengimbau untuk bekerja sama dengan pemerintah, politisi partai Golongan Karya (Golkar) dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Kecamatan Langgam dan Kecamatan Bandar Seikijang ini juga meminta untuk bekerja sama dengan aparat terkait dan masyarakat.

"Karena bencana karhutla ini rutin tiap tahunnya, untuk itu saya meminta selain memikirkan aset, pikirkan juga lingkungan dan tanggung jawab sosial," ujarnya.

Dengan demikian legislator dari partai Golkar ini berharap perusahaan juga membantu masyarakat jika ingin membuka lahan dibantu dengan menurunkan alat beratnya. Supaya masyarakat tidak lagi membuka lahannya dengan cara membakar.(jon)