Mantap, Sempolet Masakan Khas Meranti Masuk Nominasi API 2020, Begini Cara Membuatnya


Sabtu, 04 Juli 2020 - 15:37:45 WIB
Mantap, Sempolet Masakan Khas Meranti Masuk Nominasi API 2020, Begini Cara Membuatnya Masakan Sempolet khas Kepulauan Meranti. | F: Cookpad.com

PEKANBARU, RiauIN.com - Belum banyak masyarakat yang mengenal masakan tradisional dari Kepulauan Meranti Sempolet. Namun sebentar lagi sebentar lagi Sempolet akan menjadi populer, tidak hanya di seluruh Riau juga diseluruh Indonesia.

Pasalnya, masakan Sempolet kini masuk dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020. Sempolet merupakan salah satu dari 20 nominasi keunggulan pesona budaya nusantara Indonesia.

"Sebanyak 5 destinasi objek wisata, 2 jenis kuliner dan 1 kebudayaan yang ada di Provinsi Riau masuk nominasi pada ajang Anugerah Pesona Indonesia," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya, kepada wartawan, Sabtu (4/7/2020).

Atas masuknya masakan khas tradisional Melayu dari Kepulauan Riau, tokoh perempuan Riau Hj Dinawati menyatakan rasa bangganya. Sempolet menurutnya merupakan masakan khas yang lezat dan bergizi tinggi.

"Bagi masyarakat Riau, khususnya di sebelah pesisir sempolet merupakan menu andalan ketika ada hajatan. Namun banyak juga yang menjadikan sempolet sebagai santapan sehari-hari karena bahan dasarnya mudah ditemui," kata Dinawati.

Dijelaskan Dina, sempolet merupakan salah satu makanan yang berbahan dasar sagu yang dicampur dengan sayuran dan ikan seperti teri, kerang, siput atau udang. Sempolet sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Makanan khas melayu ini menjadi kegemaran di berbagai kalangan masyarakat Melayu.

"Sempolet merupakan salah satu masakan khas Melayu Riau. Masakan ini biasanya dapat ditemukan pada masyarakat Melayu di Kabupaten Indragiri Hilir, Bengkalis, Meranti, dan Siak," katanya.

Bagaimana cara memasak sempolet? Dinawati pun memberikan resep sederhananya.

Pertama, siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat masakan tersebut. Yakni tepung sagu, sayur pakis, daun katu/ cukup manis, atau bisa diganti kangkung, suluh keladi jika ada direbus sedikit, bawang merah, bawang putih, cabe merah/cabe kering yg sdh dihaluskan, teri, kerang, udang basah, ebi, atau siput sedot, merica, garam, tambah sedikit terasi/belacan dan air, serai yg dipipihkan, daun kunyit

Kedua, lakukan langkah-langkah memasak bahan tersebut: bawang putih, merah, serai, daun kunyit  juga cabe kering, ikan teri, masakkan bersama air terlebih dahulu sampai mendidih.

Setelah mendidih masukkan siput,  atau kerang, lanjut dengan sayur pakis/sulur keladi. Selanjutnya masukkan larutan air sagu sambil diaduk-aduk supaya tidak mengental. Cek rasa setelah dibubuhkan garam.

"Setelah menunggu beberapa menit sampai masakan matang, lalu diangkat dan disajikan hangat-hangat. Pastilah menambah selera makan. Bagi yang belum pernah mencoba dijamin bakal ketagihan," ujar Dinawati lagi.

Terakhir Dinawati mengajak masyarakat Riau dimanapun berada untuk memberikan doa dan dukungannya. 

"Semoga masakan Sempolet bisa menjadi yang terbaik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020 ini," tutupnya.(fbh)