Jamin Penerimaan Calon Polisi Bersih dan Jujur, Tim Seleksi Riau Teken Pakta Integritas


Jumat, 03 Juli 2020 - 06:56:16 WIB
Jamin Penerimaan Calon Polisi Bersih dan Jujur, Tim Seleksi Riau Teken Pakta Integritas Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memimpin penandatanganan pakta integritas panitia seleksi penerimaan calon taruna/i Akpol dan Tamtama Polri. | F: Istimewa

PEKANBARU, RiauIN.com - Polda Riau menggelar acara Penandatanganan Pakta Integritas Penerimaan Taruna Akpol dan Tamtama Polri TA. 2020, di Aula Bhayangkara Sat Brimob Polda Riau pada Kamis, (2/7/2020)

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Effendi SH SIK MSI didampingi Wakapolda Riau Brigjen Pol Drs Tabana Bangun MSI, Irwasda Kombes 
Syamsul Huda. 

Kegiatan juga dihadiri oleh pejabat panitia, Tim seleksi, pengawas internal dan eksternal, Ombudsman perwakilan Riau, Dinas Pendidikan, Dispora, serta para orang tua dan peserta seleksi.

Dalam sambutannya, Kapolda Riau meminta agar pelaksanaan proses seleksi dilakukan dengan sebaik baiknya dengan penuh tanggung jawab.

“Saya mengikuti proses seleksi ini 35 tahun yang lalu, dengan usaha,doa dan berserah diri yakinlah kita akan bisa lulus. Proses seleksi dahulu dengan sekarang sudah sangat banyak sekali berubah, dimana seleksi sekarang sudah transparan,akuntabel dan humanis," terang Kapolda Agung.

Kapolda Agung mengingatkan bahwa menjadi Polisi tidak akan membuat kita banyak harta, oleh karenanya jadilah polisi yang tulus untuk mengabdi kepada negara.

“Kata kunci dari penandatanganan integritas ini adalah apakah kita jujur atau tidak dalam proses seleksi. Bahwa saat ini kata jujur adalah suatu yang sulit, tetapi saya ingin membuat dalam proses seleksi ini dilaksanakan sejujur-jujurnya. Jika tidak saya yakinkan kepada para peserta seleksi akan didiskualifikasi”, tambahnya.

Melanjutkan arahannya, Agung juga menjelaskan bahwa institusi Kepolisian membutuhkan orang orang yang dapat melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat dengan sepenuh hati.

“Jangan ada yang menitipkan nomor ujian kepada saya, karena apabila ada yang begitu saya pastikan peserta tersebut didiskualifikasi. Jujurlah kata yang paling utama," pesan Agung.

Acara diawali dengan pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan panitia daerah penerimaan Taruna/i Akpol dan Tamtama Polri TA 2020 dan peserta. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan pakta integritas.

Sementara itu Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto kepada awak media mengatakan, kegiatan pakta integritas ini sebagai janji moral dalam proses mengikuti tahapan seleksi.

“Penerimaan Polri dilaksanakan dengan prinsip BETAH (Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis), tidak dipungut biaya. Jangan percaya dengan siapapun oknum yang mengaku bisa membantu kelulusan,” terang Narto.(rls/exa)