Aksi Curi Kabel Lampu Jalan Batu Bintang Digagalkan Kabid Dinas Perkim Dumai


Selasa, 30 Juni 2020 - 13:15:06 WIB
Aksi Curi Kabel Lampu Jalan Batu Bintang Digagalkan Kabid Dinas Perkim Dumai Kabid Perumahan Dinas Perkim Dumai dan tokoh pemuda seusai menggagalkan aksi pencurian kabel Senin (29/6/2020) malam. | Hendrik

DUMAI, RiauIN.com - Aksi pencurian kabel lampu jalan di Kota Dumai kembali marak. Senin (29/6/2020) malam, Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Dumai berhasil menggagalkan percobaan pencurian kabel lampu jalan tersebut.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Perkim Dumai Wahyudi mengatakan pihaknya risau dengan maraknya aksi pencurian kabel lampu Penerangan Jalan Umum (PJU). Hal ini tidak saja mengganggu kelangsungan pembangunan namun juga merugikan negara.

"Kami sangat risau atas kejadian ini. Bagaimana tidak, sudah 3 kali pemasangan lampu PJU di Jalan Batu Bintang, namun 3 kali pula kabel lampu penerangan jalan umum ini raib dicuri orang tak bertanggung jawab," kata Wahyudi, Selasa (30/6/2020).

Oleh sebab itu dirinya langsung turun ke lapangan bersama tokoh pemuda setempat untuk mengawasi keselamatan material. Dan Senin (29/6/2020) kemarin terjadi dua kali percobaan pencurian kabel lampu PJU, yang berhasil mereka gagalkan.

Aksi pertama diperkirakan terjadi npukul 17.30 WIB. Petugas Dinas Perkim menemukan satu kabel yang sudah diputuskan. Hanya beselang 90 menit, Wahyudid mendapat telepon lagi bahwa ada beberapa unit lampu PJU yang mati.

"Setelah sampai di lokasi ternyata benar adanya. Percobaan pencurian kabel lampu PJU kembali terjadi, namun percobaan pencurian kali kedua ini pelakunya juga berhasil melarikan diri,” ujar Wahyudi.

Andaikata pencurian tidak digagalkan maka sedikitnya ada 250 meter kabel yang akan dibawa pelaku. 

Pencurian lampu jalan umum bukan hanya terjadi di Jalan Batu Bintang saja, tapi juga terjadi di beberapa tempat yang ada di Kota Dumai. Sebelumnya pernah terjadi pencurian nkabel lampu PJU juga kawasan Bukit Jin, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta.

Padahal keberadaan lampu jalan tersebut sangat membantu keselamatan warga saat melintas di malam hari. Khususnya bagi para pedagang yang hendak ke pasar membawa dagangannya pada malam atau dini hari.

Sementara itu salah seorang tokoh pemuda Jailani mengaku kecewa atas pencurian kabel lampu jalan yang sedang dikerjakan Dinas Perkim Dumai.

"Seharusnya kita selaku masyarakat harus sama-sama menjaga lampu PJU, bukan sebaliknya merusak atau mencurinya,” ungkap Jailani kesal.

Dikatakannya, dia mencoba mencari pelaku pencurian kabel lampu PJU bersama Kabid Perkim Wahyudi namun tak ketemu.

"Sekitar pukul 21.30 WIB, saya dapat laporan pencuri itu beraksi kembali. Mereka memutuskan beberapa kabel lampu PJU tersebut. Beruntung saya cepat mengetahuinya sebelum mereka berhasil menyelesaikan pekerjaannya, kami bersama Pak Kabid sudah di lapangan dan bersama pemuda lainnya mengejar pencuri. Namun gagal," ujar Jailani.(drik)