Tiba di Sorong, Satu Penumpang Garuda Positif Corona Lolos Pemeriksaan


Ahad, 28 Juni 2020 - 14:30:48 WIB
Tiba di Sorong, Satu Penumpang Garuda Positif Corona Lolos Pemeriksaan Petugas Covid-19 di dalam pesawat. Gambar ilustrasi.

JAKARTA, RiauIN.com - Satu orang penumpang pesawat Garuda Indonesia yang tiba di Bandara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Penumpang itu diketahui positif Corona usai petugas melakukan pengecekan dokumen kesehatan.

Dikutip dari Antara, Minggu (28/6/2020), saat penumpang tiba di Bandara Domine Eduard Osok Sorong pada Sabtu (27/6/2020), petugas melakukan pengecekan dokumen perjalanan. 

Bedasarkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) yang dikeluarkan Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, penumpang itu dinyatakan positif COVID-19. Siswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem) berinisial WY diketahui berasal dari Kabupaten Sorong Selatan.

Koordinator Kantor Karantina Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Eduard Osok Sorong, dr Farida Tariq mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan petugas karantina. Farida mengatakan yang bersangkutan sudah dibawa ke ruang isolasi di bandara.

"Kami sudah berkomunikasi dengan petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan di Bandara Soekarno-Hatta dan sedang ditelusuri karena sesuai mekanisme hasil tes usap yang diketahui positif, tidak diberikan kepada calon penumpang," ujarnya.

Menurut dia, setiap penumpang yang naik dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta tetap dilakukan pemeriksaan sesuai protokol kesehatan. Mungkin karena banyak penumpang dan petugas kesehatan Karantina Kesehatan Pelabuhan di sana terbatas sehingga petugas kewalahan melakukan pemeriksaan dokumen kesehatan.

Dikatakan, akibatnya sekitar 90 penumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 682 yang tiba di Bandara Domine Edward Sorong diminta melakukan karantina mandiri.

Farida menjelaskan petugas akan melakukan tracing kepada penumpang yang melakukan kontak langsung dengan WY. Petugas juga telah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap pesawat. 

Pihaknya juga sudah menyiapkan kepada Gugus Tugas Sorong Selatan agar melakukan karantina mandiri terhadap beberapa para penumpang yang telah kontak erat dengan penumpang positif tersebut.

"Kami juga telah melakukan penyemprotan disinfektan terhadap pesawat sebelum menaikkan penumpang dari Bandara Domine Eduard Osok Sorong," tambah dia.

Menurut informasi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sorong, penumpang tersebut sementara akan menjalani karantina di Gedung Diklat Kampung Salak. Saat ini penumpang masih menunggu jemputan petugas di bandara.(nsv)