Alfedri Luncurkan Siak Menuju New Normal


Rabu, 17 Juni 2020 - 19:24:13 WIB
Alfedri Luncurkan Siak Menuju New Normal Bupati Siak, Alfedri berfoto bersama unsur muspida usai acara peluncuran Kabupaten Siak menuju new normal

SIAK, RiauIN.com- Pemerintah Kabupaten Siak bersama instansi terkait menggelar peluncuran daerahnya menuju pemberlakuan normal baru di wilayah setempat bertempat di bawah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Rabu (17/6/2020).

"Rasio penularan lokal dengan kasus positif itu nol, syaratnya di bawah satu persen baru bisa dilakukan normal baru," kata Bupati Siak, Alfedri usai acara peluncuran menuju New Normal.

Dikatakannya bahwa penularan lokal di Siak adalah nol sementara kasus positifnya ada empat. Jadi ketika nol dibagi menjadi empat hasilnya adalah nol juga sehingga bisa diberlakukan normal baru.

Menurutnya pemberlakukan ini bisa langsung dilakukan kabupaten berdasarkan hal tersebut. Pasalnya Siak termasuk dalam sejumlah daerah yang diumumkan presiden akan menjadi contoh pemberlakuan normal baru.

Pemberlakuan normal baru ini diikuti dengan mendirikan pos jaga di sejumlah titik salah satunya di tempat peluncuran tersebut. Selain itu di Kecamatan Siak juga ada pos jaga di Simpang Kwalian.

"Hari ini kami juga ke Pelabuhan Tanjung Buton, rencananya Imigrasi juga mau mendirikan pos jaga di sana, tentu ini harus berkoordinasi dengan kepolisian dulu," ungkapnya.

Meskipun pada tahapan New Normal ini ada kelonggaran terhadap aktifitas masyarakat, Pemerintah Daerah meminta agar pelaksanaannya tetap dalam tatanan disiplin yang tinggi, dan masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan.

"Misalnya wajib pakai masker, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktifitas, menjaga jarak minimal satu meter dan menghindari bersentuhan. Langkah-langkah inilah yang harus terus kita edukasi kepada masyarakat, agar kita terus dapat melaksanakan kegiatan yang produktif tetapi tetap aman Covid-19," katanya.

Ia juga menjelaskan, dari awal Pemkab Siak juga telah menetapkan dan mengimbau seluruh Camat untuk mempersiapkan pelaksanaan new normal ini dengan baik, serta menyosialisasikannya kepada masyarakat.

"Makanya langkah awal yang kita lakukan adalah bagaimana membuat suatu kawasan wajib pakai masker, yang dinamakan Kawasan Tertib Protokol Kesehatan," sebutnya.

Ya akan ditetapkan sebagai Kawasan Tertib Protokol Kesehatan diantaranya Kawasan Taman Tengku Agung, Pasar Belantik dan Kota Siak. Peluncuran Kawasan Tertib Protokol Kesehatan ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan alat peraga dan sosialisasi Protokol Kesehatan disekitar Bundaran Jembatan TASL. (adv)