Turap Venue Dayung Kebun Nopi Senilai Rp36 M di Kuansing Mulai Dikerjakan


Sabtu, 27 Juni 2020 - 13:55:25 WIB
Turap Venue Dayung Kebun Nopi Senilai Rp36 M di Kuansing Mulai Dikerjakan Venue dayung Kebun Nopi di Kecamatan Kuantan Mudik, Kuantan Singing, sudah menjadi objek wisata lokal. | F: internet.

KUANSING, RiauIN.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai membangun turap Venue Dayung Kebun Nopi yang terletak di Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

"Pihak rekanan sudah mulai bekerja sejak kemaren. Alhamdulillah, usulan kita untuk pembangunan turap disetujui oleh pemerintah pusat dan sekarang sudah dibangun," ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPR Kuansing Ade Fahrer Arif melalui Kabid SDA Pebri Mahmud, Jumat (26/6/2020) di Telukkuantan.

Dikatakan Kabid Pebri, turap yang akan dibangun berada di sisi sebelah timur Danau Kebun Nopi dengan anggaran Rp36 miliar dari APBN. Dari lelang, tender dimenangkan oleh PT Tarum Jaya Mandiri dengan nilai kontrak Rp28 miliar.

"Kalau ini selesai, turap sisi barat dan timur akan menyatu. Ada sepanjang 6 KM bentangannya. Kalau maraton di sana, lumayan juga tu," ujar Kabid Pebri.

Dikatakannya, Venue Kebun Nopi masuk dalam kategori venue terbaik di Asia Tenggara. Pembangunan infrastruktur diperlukan untuk meningkatkan standar.

"Tahun 2022, Kuansing jadi tuan rumah Porprov X Riau. Tentu ada persiapan kita. Nah, salah satunya pembenahan venue dayung. Jika sudah standar internasional, tentu bisa dilaksanakan kejuaraan internasional," terang Kabid Pebri.

Selesai dibangun, Pemkab Kuansing berencana menyerahkan pengelolaan ke pemerintah pusat. Sehingga, untuk perawatan akan lebih mudah.(rls/hen)