Bupati Kuansing Fokus Telusuri Warga yang Kontak dengan Pasien Covid-19


Rabu, 24 Juni 2020 - 15:01:17 WIB
Bupati Kuansing Fokus Telusuri Warga yang Kontak dengan Pasien Covid-19 Bupati Mursini saat menyaksikan swab massal di Desa Sukamaju belum lama ini. | Hendrianto

RIAUIN.COM - Seiring melonjaknya kasus positif, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau, fokus melakukan penelusuran terhadap warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19.

Demikian disampaikan Bupati Kuansing Drs H Mursini MSi, Rabu (24/6/2020) siang di Kantor Bupati Kuansing.

"Kita fokus pada tracing. Hasil tracing ini akan langsung kita tangani, terutama dalam hal pengujian apakah mereka terdampak atau tidak. Yakni, melalui rapid tes atau swab," ujar Bupati Mursini.

Dikatakan Bupati Mursini, Pemkab Kuansing sudah melakukan beberapa langkah untuk menekan terjadinya lonjakan kasus positif Covid-19. Salah satunya yang sedang dijalankan adalah penelusuran terhadap warga yang pernah kontak dengan pasien terkonfirmasi positif.

"Rencananya akan ada rapid test massal, terutama PNS di lingkungan Pemkab Kuansing. Tapi, untuk saat ini kita fokuskan ke hasil tracing," ujar Bupati Mursini.

Hingga hari ini, sudah ada enam kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kuansing. Bupati berharap, masyarakat tidak perlu panik dan tetap tenang.

"Masyarakat jangan panik, yang perlu dilakukan adalah jalankan protokol kesehatan. Seperti pakai masker, rajin cuci tangan dan hindari kerumunan," ujar Bupati Mursini.

Dengan adanya kasus positif, Bupati Mursini berharap tumbuh kesadaran masyarakat untuk lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. "Pemerintah sudah melakukan imbauan untuk melaksanakan protokol kesehatan. Nanti, kita pertegas lagi. Sehingga sifatnya tak sekedar imbauan. Ini untuk mendisiplinkan," tutup Bupati Mursini.- advetorial