TNI AU Evakuasi Bangkai Pesawat Hawk yang Jatuh di Pemukiman Warga Kampar


Rabu, 17 Juni 2020 - 01:08:32 WIB
TNI AU Evakuasi Bangkai Pesawat Hawk yang Jatuh di Pemukiman Warga Kampar Truk crane membawa bangkai pesawat TNI AU yang jatuh di Kampar/foto:mcr.

PEKANBARU, RiauIN.com - Bangkai pesawat tempur Hawk 0209 dievakusi sejumlah personel TNI AU dari lokasi jatuh di Desa Kubang Raya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (16/6/2020). Selanjutnya, pesawat buatan Inggris yang terbelah dua itu dibawa ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru. 

"Evakuasi menggunakan truk crane. Kemudian dibawa ke Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin," ujar Komandan Lanud (Danlanud) Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama TNI Rony Irianto Moningka, Selasa sore.

Proses evakuasi dilakukan pada Selasa sekitar pukul 16.00 WIB dan berlangsung tertutup. Puluhan prajurit TNI melakukan penjagaan ketat lokasi kejadian. Ada 3 rumah yang rusak akibat tertimpa badan pesawat serta kursi pilot di lokasi kejadian. 

Dalam proses evakuasi, bangkai pesawat dinaikkan ke atas truk menggunakan crane. Seluruh badan pesawat yang rusak total itu ditutup menggunakan terpal biru setelah naik di atas truk. Personel memakan waktu sekitar satu jam untuk mengangkut badan pesawat ke atas truk hingga ke luar dari pemukiman itu. 

Meski badan pesawat sudah dievakusi, Ronny memastikan proses investigasi tetap dilanjutkan di Markas Lanud Roesmin Nurjadin. "Proses investigasi tetap berlangsung," jelasnya. 

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan Hawk itu terjadi di Jalan Sialang Indah, RT04 RW01 Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar sekitar pukul 08.15, Senin (15/6) pagi. Dua rumah tertimpa badan dan serpihan pesawat, sedangkan satu rumah lainnya tertimpa kursi pelontar pilot.(mcr/nal)