2 Penumpang Honda Brio Lainnya Luka Berat

Tabrakan Maut di KM 98 Pangkalan Kuras Pelalawan, 2 Nyawa Melayang


Ahad, 14 Juni 2020 - 16:44:20 WIB
Tabrakan Maut di KM 98 Pangkalan Kuras Pelalawan, 2 Nyawa Melayang Gambar ilustrasi.

PELALAWAN, RiauIN.com - Kecelakaan lalulintas maut antara mobil Honda Brio dengan truck Colt Diesel terjadi di Jalan Lintas Timur Desa Terantang Manuk Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Riau, Sabtu (13/6/2020) sekitar jam 14.00. Akibatnya, pengemudi dan penumpang Honda Brio meninggal dunia.

Kendaraan yang terlibat dalam insiden ini yaitu antara Honda Brio Satya bernomor Polisi BM 1178 CT yang dikemudikan DF (39) sementara Colt Diesel BM 9615 QU dikemudikan KM (50). Pada peristiwa naas tersebut DF tewas bersama seorang rekannya yang duduk di samping, yakni AD (27).

Peristiwa kecelakaan yang merenggut korban jiwa tersebut dibenarkan oleh Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijadmiko kepada Riauin.com melalui Kasubag Humas Polres Pelalawan Iptu Edi Herianto Minggu (14/6/2020).

"Benar, 2 korban meninggal dunia yaitu pengemudi Brio Satya berinisial DF (39), laki-laki warga Pangkalan Kerinci. DF  meninggal di Puskesmas Terantang Manuk. Ia mengalami luka dalam dada dan penurunan kesadaran. Selanjutnya penumpang bernisial AD (27), laki-laki yang juga mendapat perawatan di Puskesmas Tarantang Manuk. Namun AD sempat dirujuk ke rumah sakit Elfarina, namun akhir meninggal akibat mengalami penurunan kesadaran trauma," kata Edi Herianto.

Selain kedua korban meninggal dunia, juga terdapat korban luka berat. Yakni JE (35), mengalami luka patah tulang dibagian pundak atas, dibawa ke Puskesmas Terantang Manuk. Kemudian korban MT yang mengalami nyeri dada dan dirujuk ke RS Efarina.

"Sementara pengemudi Colt Diesel, KM, dalam keadaan sehat," terang Kasubag Humas Polres Pelalawan.

Adapun kronologi kejadian bermula dari kendaraan yang dikemudikan DF membawa penumpang AD, JE, dan MT, bergerak dari arah Pangkalan Kerinci menuju Pangkalan Kuras atau Sorek. Sesampainya di TKP, tepatnya di KM 98 + 300, mereka hendak mendahului kendaraan yang tidak diketahui identitasnya.

Sementara dari arah berlawanan bergerak Colt Diesel yang dikemudikan KM. Karena jarak yang begitu dekat, sehingga kecelakaan tidak dapat dielakkan. 

Akibat tabrakan keras tersebut bagian depan Honda Brio ringsek dan rusak parah. Begitu juga pada bagian depan kanan bawah Colt Diesel mengalami kerusakan. 

Para korban dievakuasi masyarakat dan aparat ke Puskesmas terdekat. Sedangkan kedua kendaraan dibawa ke Pos Lantas Sorek.

"Hasil analisa kecelakaan lalulintas terjadi karena human error. Diduga akibat kelalaian pengendara Honda Brio Satya, yang saat mendahului kendaraan di depannya tidak memperhatikan kendaraan lain yang berlawanan arah. Sehingga terjadi kecelakaan," tutupnya.(Jon)