Putuskan Mata Rantai Covid-19

Ada Positif Corona, Warga 2 Desa di Singingi Hilir Kuansing Akan Lakukan Tes Swab Massal


Sabtu, 13 Juni 2020 - 22:39:47 WIB
Ada Positif Corona, Warga 2 Desa di Singingi Hilir Kuansing Akan Lakukan Tes Swab Massal Bupati Kuansing H Mursini melakukan rapat mendadak dengan Camat Singingi Hilir dan dua kepala desa terkait di kantor Bupati, Sabtu (13/5/2020). /Hendrianto

KUANSING, RiauIN.com - Gugus Tugas Covid-19, Kabupaten Kuansing berencana bakal melakukan tes swab massal terhadap warga yang tinggal di Desa Sukamaju dan Desa Beringin Jaya, Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi.

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi penularan virus Covid-19, menyusul adanya tiga orang warga Kecamatan Singingi Hilir yang terkonfirmasi positif Covid-19. Warga yang dinyatakan positif itu yakni, Tn GH (45), Tn RS (45), Ny RM (42),  

Untuk menindaklanjuti rencana tersebut, siang tadi Bupati Mursini langsung menggelar rapat mendadak bersama gugus tugas dan Forkopimda serta camat dan kedua kepala desa terkait.

Rapat itu langsung dipimpin Bupati H Mursini bersama Forkopimda, Camat Singingi Hilir, Kepala Puskesmas Koto Baru, Kepala Puskesmas Sungai Buluh, Kades Suka Maju, Kades Beringin Jaya beserta BPD, Perangkat Desa dan Karang Taruna.

Usai rapat Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Civid-19 Kuansing, Agus Mandar pada media menyatakan bahwasanya ada beberapa langkah yang akan diambil.

Langkah-langkah tersebut, pertama, segera melakukan penjemputan tiga orang pasien terkonfirmasi positif itu ke rumah isolasi mandiri di Singingi Hilir, lalu membawanya ke ruang isolasi Covid-19 RSUD Teluk Kuantan.

Kedua, melakukan penyemprotan desinfektan di area publik Desa Suka Maju dan Beringin Jaya. Ketiga, enerapkan protokol kesehatan pada Pasar Desa Suka Maju yang dimulai Minggu (14/6/2020) siang hari dan Senin (15/6/2020).

Selanjutnya keempat, melakukan tracing atau penulusuran kontak dengan orang lain terhadap tiga orang warga yang terkonfirmasi positif tersebut.

"Dan kelima, akan melakukan tes swab massal terhadap warga Desa Suka Maju dan Beringin Jaya, termasuk permukiman perusahaan yg ada di dalamnya," kata Agus Mandar.

Langkah seterusnya untuk sementara waktu menutup Puskesmas Beringin Jaya sampai batas waktu yang belum ditentuka. Dan kepada warga Desa Suka Maju dan Beringin Jaya dipersilakan untuk pelayanan kesehatan ke Puskesmas Sungai Buluh dan Puskesmas Koto Baru.

Ditambahkan, untuk mencegah penyebaran wilayah terjangkit, maka akan dilakukan PSBB Lokal sesuai dengan regulasi dan petunjuk dari Pemerintah Pusat dan Provinsi.

Tidak hanya itu, lanjut Agus Mandar, juga akan dilakukan langkah mengaktifkan Poskowas di Desa Suka Maju, dan membangun tiga Poskowas baru sebagai pintu masuk dan keluar menuju Desa Suka Maju dan Desa Beringin Jaya.

"Kepada warga masyarakat Desa Suka Maju dan Desa Beringin Jaya diminta agar selalu menerapkan protokol kesehatan," tutup Mandar.(hen)