Kuasai Ilmu Fisika Kebumian

Dosen Muda Unri Putra Air Tiris Sandang Gelar Profesor Kelas Dunia


Sabtu, 13 Juni 2020 - 01:16:07 WIB
Dosen Muda Unri Putra Air Tiris Sandang Gelar Profesor Kelas Dunia Nur Islami. / F: Facebook
PEKANBARU, RiauIN.com – Seorang dosen Universitas Riau (Unri) berhasil menyandang gelar akademik tertinggi kelas dunia. Dia adalah Prof Dr Nur Islami SSi MSc, putra Air Tiris, Kabupaten Kampar.
 
Gelar profesor ini diraih Nur berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim, tanggal 22 April 2020. Hal ini disampaikan H Sasra Putra MA, Kepala MTsN 2 Kampar, yang juga merupakan kakak Kandung Nur Islami, hari kamis (11/06/2020).
 
Dikatakan, Nur Islami ini meraih gelar Profesor pada bidang Ilmi Fisika Kebumian, satu-satunya di Riau dan masih langka di Sumatera serta berkelas Dunia. 
 
Adapun rencana pengukuhan Insya Allah biasanya 1 bulan setelah SK diteken. Namun karena wabah Covid-19, maka Nur masih menunggu pihak Unri untuk melakukan acara pengukuhan.
 
Prof Dr Nur Islami Ssi MT ini, lahir di Air Tiris pada tanggal 22 Maret 1974. Anak bungsu dari 7 bersaudara dari almarhum Arahman Hamid dan ibu yang masih sehat Husnah Hs (76). Istrinya bernama Rista Hartati STr Keb dan kini sudah mempunyai anak 3 orang.
 
Riwayat Pendidikan, Nur Islami ini SD.dan SMP-nya di Airtiris, SMA di SMA 6 Pekanbaru, kuliah S1 di UNRI, kuliah S2 di ITB dan S3-nya di Universitas Malaya (Malaysia). 
 
Untuk Riwayat pekerjaan pernah bekerja di Caltex dan staf ahli Bupati, dan sekarang menjadi Koordinator Program Studi Megister Pendidikan Fisika Universitas Riau.
 
"Oleh karena itu, kami sangat bahagia dan bersyukur kepada Allah Swt, atas keberhasilan adik kami ini menggejar prediket akademik tertinggi yakni Profesor. Mudah-mudahan ilmu yang didapat, dapat berguna bagi agama, bangsa dan negara," kata Sasra.
 
Dikatakannya, ketika ibu dan keluarganya tahu kabar bahwa Nur sudah bergelar profesor, sang ibu menagis terharu. Tak hentinya ia memanjatkan syukur.(*/fbh)