Upaya Tingkatkan Mutu Dosen

Hari Ini, FMIPA-Kesehatan Umri Gelar Pelatihan Buku Ajar Secara Online


Sabtu, 06 Juni 2020 - 00:47:11 WIB
Hari Ini, FMIPA-Kesehatan Umri Gelar Pelatihan Buku Ajar Secara Online Kampus Universitas Muhammadiyah Riau./F: Dok. Umri.
PEKANBARU, RiauIN.com - Prodi Kimia Fakultas MIPA dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) bekerjasama dengan SKK Migas-PT Chevron Pacific Indonesia (CPI), Sabtu (6/6/2020), menyelenggarakan pelatihan buku ajar secara online. 

Kegiatan ini diadakan dalam rangka menyambut Milad ke-12 Umri yang diikuti oleh dosen-dosen Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan Kesehatan di lingkungan Umri. 

"Namun ada juga dosen dari fakultas lain yang ikut serta. Sampai sekarang sudah terdaftar 58 orang dosen yang mendaftar," kata Ketua Panitia Pelatihan 
Dr Hilma Siregar MSc, Jumat (5/6/2020).

Dikatakan, kegiatan akan dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dengan nenggunakan Live Google Meet, mulai pukul 08.30 sd 16.30 WIB.  

Kegiatan ini akan dibuka oleh Dekan Fakultas MIPA dan Kesehatan UMRI  Juliwidiyanto SKep MKes Epid.

"Pelatihan Buku Ajar Daring ini nerupakan kegiatan perdana di Universitas Muhammadiyah Riau," tukas Hilma.

Adapun yang melatarbelakangi kegiatan tersebut melihat kurangnya minat para dosen untuk menulis buku ajar, modul ajar dan monograf. Hal ini dikarenakan kurangnya sifat kritis akan suatu hal, dan minat baca. Sehingga ketertarikan untuk menulis buku sangat kurang.  

Padahal, menurut Wakil Dekan FMIPA dan Kesehatan ini, membuat buku ajar, modul ajar, monograf dan buku merupakan suatu poin penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya dosen tersebut. 

Baca Juga:

Adapun yang menjadi narasumber pada kegiatan hari ini adalah Dr Reni Suryanita ST MT. Renimerupakan Koordinator Pusat Penjaminan Mutu LPPMP Universitas Riau. 

Output yang diharapkan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kualitas dosen dosen yang ada di Umri, sehingga mampu membuat buku ajar dan menggunakannya dalam perkuliahan.  

Ditambahkannya, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada pihak sponsor PT Chevron Pacific Indonesia, semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan.(fbh)