Aplikasi Zoom Minimal Versi 5.0

Cara Download Gratis Zoom di Komputer PC dan Ponsel, Rapat New Normal


Selasa, 02 Juni 2020 - 10:21:38 WIB
Cara Download Gratis Zoom di Komputer PC dan Ponsel, Rapat New Normal Foto rapat manajemen sebuah perusahaan menggunakan aplikasi Zoom. Foto ilustrasi. /F: internet
JAKARTA, RiauIN.com - Indonesia bersiap menerapkan new normal atau tatanan hidup baru di tengah pandemi virus corona Covid-19. Aplikasi Zoom akan jadi salah satu yang digunakan buat kerja. Ini cara download Zoom di Komputer PC secara gratis.

Asal tahu saja, aplikasi zoom adalah software (perangkat lunak) untuk rapat virtual atau teleconfrence dengan konsep berbagi layar (sharing screen). Aplikasi ini memungkinkan 100 pengguna berpartisipasi dalam satu pertemuan online.

Aplikasi ini ada yang gratis dan ada yang berbayar. Bila gratis waktu rapatnya dibatasi maksimal 40 menit untuk satu kali rapat. Bila ingin mendapatkan lebih bisa menggunakan Zoom Pro dan Zoom Business dengan harga mulai 14 dolar AS  per bulan atau setara Rp196 ribu (asumsi Rp14 ribu per dolar AS).

Tapi patut diingat, aplikasi Zoom yang digunakan harus versi 5.0 atau lebih tinggi. Update ini sudah digulirkan pada April lalu.

Zoom versi 5.0 ini menggunakan fitur keamanan encryption protokol baru Galois/Counter Mode (GCM). "Mulai 30 Mei, Zoom tak akan mengizinkan akun yang tidak menggunakan enkripsi GCM," ujar Zoom seperti dilansir dari Gadget 360, Selasa (2/6/2020).

Enkripsi GCM adalah algoritma untuk enkripsi data terotentikasi yang memberikan jaminan keaslian data rahasia. Pada dasarnya, enkripsi GCM menyediakan lapisan perlindungan untuk data pengguna dan ketahanan terhadap gangguan.

Dengan fitur keamanan baru ini, hacker akan semakin sullit dan membutuhkan waktu lama untuk meretas rapat online.

Berikut cara mengaktifkan aplikasi Zoom di komputer PC dan ponsel secara gratis:

Aplikasi Zoom di Komputer PC
Masuk ke situs Zoom di zoom.us dan sign up dengan memasukkan alat email yang digunakan.
- Aktifkan akun dengan melakukan konfirmasi melalui email yang dikirimkan.
- Undang teman yang ingin diajak rapat dengan memasukkan alamat email mereka.
- Pilih "start meeting now" untuk melakukan rapat dan secara otomatis aplikasi zoom akan meminta izin untuk mendownload aplikasi di komputer PC yang digunakan.

Aplikasi Zoom di Ponsel
- Sign-in dengan email yang telah didaftarkan.
- Klik "new meetings".
- Pilih "participants".
- Undang rekan kerja yang diajak rapat melalui "invite" dan kirimkan pesan undangan.
- Setelahnya mulai rapat bersama.(vie)