Pertama Kali di Dunia, Hewan Tularkan Virus Corona ke Manusia


Selasa, 26 Mei 2020 - 09:21:29 WIB
Pertama Kali di Dunia, Hewan Tularkan Virus Corona ke Manusia Cerpelai yang diindikasikan dapat menularkan virus Corona ke manusia. Foto: int
Penularan virus corona dari cerpelai ke manusia dilaporkan terjadi di Belanda. Ini adalah pertama kalinya di dunia tercatat penularan COVID-19 dari hewan ke manusia.

Diberitakan Reuters, hal ini disampaikan oleh Direktur Institut Kesehatan Belanda (RIVM) Jaap van Dissel pada Senin (25/02/2020). Dia mengatakan, kucing dan hewan lainnya memang bisa terinfeksi COVID-19, tapi penularan dari cerpelai ke manusia sangat unik.

"Ini pertama kalinya kami temukan, setidaknya kami menemukan kasus ini mungkin terjadi, bahwa ada dua kasus infeksi dari hewan ke manusia," kata Dissel saat rapat dengan parlemen.

"Tentu saja sumber awal infeksi di China juga kemungkinan besar dari hewan," lanjut dia.

Cerpelai pengidap corona ditemukan di empat dari 155 peternakan di Belanda. Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten mengatakan, penularan hewan ke manusia di luar peternakan tersebut tidak mungkin terjadi.

"Di tiga dari empat peternakan tersebut, virus corona ditularkan dari manusia ke hewan. Penyelidikan masih dilakukan di peternakan keempat untuk mencari sumber penularan," kata Schouten.

Cerpelai diternakkan di Belanda dan negara-negara Eropa lainnya untuk diambil bulunya. Bulu cerpelai diekspor dari Belanda ke China, Korea, Yunani hingga Turki untuk diolah menjadi pakaian mewah.

Namun berkat tekanan kelompok penyayang hewan, pemerintah Belanda melarang pendirian peternakan cerpelai baru pada 2013 dan akan menutup seluruh fasilitas yang ada pada 2024.

Sejauh ini, ada 45.445 penderita corona di Belanda dengan 5.830 kematian. (vie/int)