Perkembangan Covid-19

1 Warga Rengat Positif Corona, Kasus Pertama di Inhu


Ahad, 03 Mei 2020 - 20:28:40 WIB
1 Warga Rengat Positif Corona, Kasus Pertama di Inhu Ilustrasi hasil swab positif Corona. /net

PEKANBARU, RiauIN.com - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menjelaskan perincian riwayat perjalanan delapan kasus baru positif Covid-19, saat melakukan konferensi pers di Posko Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau, Minggu (3/5/2020).

"Untuk dimaklumi ini termasuk yang terbanyak dari informasi positif yang telah disampaikan kepada masyarakat Riau," ujarnya.

Syamsuar menjelaskan diantara pasien tersebut, pada Pasien ke-52 positif Covid-19 di Riau ialah pasien AS (54) warga Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

"Pasien AS tidak memiliki riwayat perjalanan, karena itu kami imbau kepada warga Inhu harus sadar dan meningkatkan ke waspadaannya. Mengingat ini kasus positif pertama dan tidak diketahui dari mana sumber penularannya," ungkapnya.

Syamsuar mengimbau kepada masyarakat selalu waspada dan selalu menjalankan protokol kesehatan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sementara itu Juru Bicara Tim Gugus Tugas Inhu Jawalter Situmorang belum dapat memberikan tanggapan atas adanya pasien positif dari Inhu. Pihaknya masih menunggu informasi dari Dinas Kesehatan yang juga sedang menunggu informasi dari Dinkes Riau.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Inhu Elis Julinarti ketika dikonfirmasi menolak berkomentar banyak. Dia hanya mengatakan pasien tersebut kini dirawat di Pekanbaru dan menjadi wewenang pihak Provinsi. 

Namun, saat pasien tersebut diketahui reaktif di tes rapid, pihaknya sudah melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang sempat melakukan kontak dengan pasien tersebut.

Berdasarkan informasi yang dirangkum AS asal Pekanbaru yang berdomisili di Kota Rengat. AS menjadi ODP pertama yang menjalani tes rapid dengan hasil reaktif. AS sempat dirawat di RSUD Indrasari Rengat untuk selanjutnya dirujuk ke Pekanbaru.

Sementara itu diketahui hingga saat ini, kasus positif Covif-19 di Provinsi Riau sebanyak 53 Kasus. Diantaranya 22 orang masih dirawat, 26 orang telah pulang ke rumah masing-masing, dan lima pasien meninggal dunia.

Sedangkan, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 155 orang masih dirawat, 448 PDP telah dinyatakan negatif Covid-19 dan telah dipulangkan kerumahnya masing-masing, dan 89 PDP meninggal dunia.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 10.590 masih dalam pemantauan dan sudah selesai dilakukan pemantauan sebanyak 43.393 ODP. (mcr/vie)