Jubir: Tidak Terjangkit Covid-19

Hasil Swab PDP Bengkalis yang Meninggal Dunia Ternyata Negatif


Senin, 20 April 2020 - 12:04:55 WIB
Hasil Swab PDP Bengkalis yang Meninggal Dunia Ternyata Negatif Proses pemakaman N (69) di Bengkalis, Rabu (8/4/2020). /bualbual
BENGKALIS, RiauIN.com - Hasil swab seorang pasien dalam pengawasan (PDP) Bengkalis yang meninggal dunia beberapa waktu lalu sudah keluar. Hasil laboratorium Kemenkes atas nama N (69) warga Sungai Alam, Bengkalis, dinyatakan negatif alias tidak terjangkit Covid-19.

Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Bengkalis, Johan Satri, kepada RiauIN, Senin (20/4/2020).

"Iya benar hasil swab dari Jakarta sudah keluar. Pasien atas nama N (69) yang meninggal pada Rabu (8/4/2020) siang hasilnya negatif. Sementara dua PDP lainnya belum kita dapatkan laporan hasil tes swabnya," kata Johan.

Oleh sebab itu, Johan menegaskan bahwa almarhum N (69) bukanlah pasien yang terjangkit Corona atau Covid-19. 

Namun ketika ditanyakan tentang pemakaman N yang menggunakan protokol kesehatan Covid-19, Johan menjelaskan bahwa hal tersebut memang sudah protap yang harus dilaksanakan. Meskipun semua pasien yang berstatus PDP belum keluar hasil swabnya, tetapi jika ada yang meninggal dunia maka pemakamannya sama dengan perlakuan bagi pasien positif Covid-19.

"Pengetahuan ini harus dipahami masyarakat luas. Bahwa yang positif Corona adalah mereka yang sudah keluar hasil tes swab-nya," ujar Johan lagi.

Sebagaimana diketahui, N masuk ke ruang IGD RSUD Bengkalis pada Selasa malam (7/4/2020) sekitar pukul 21.00 WIB, dengan gejala sesak napas disertai batuk. Setelah dilakukan pemeriksaan dan proses rontgen pasien diduga TBC.

Rabu (8/4/2020) pagi petugas kesehatan RSUD Bengkalis melakukan rapid test dan pengambilan swab. Hasil rapid tes menunjukkan pasien positif. Namun sekitar pukul 12.45 WIB pasien mengalami sesak napas, kesadaran menurun dan meninggal dunia, dan langsung dikebumikan pada hari itu juga.

Data Covid-19 

Sementara itu data Gugus Tugas Covid-19 Bengkalis menyebutkan, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 4.555 orang dengan rincian ODP dalam proses pemantauan 1.040 dan ODP selesai pemantauan 3.156.

Sedangkan total PDP sebanyak 26 orang, dimana PDP yang sembuh 17, PDP dirawat 6, dan PDP meninggal dunia 3  orang.

"Yang positif Corona dari Bengkalis ada satu orang, yakni AA (54) warga Duri Kecamatan Mandau," tutupnya.(fbh/vie)