Pemkab Rohil Belum Berencana Terapkan PSBB


Senin, 13 April 2020 - 23:17:34 WIB
Pemkab Rohil Belum Berencana Terapkan PSBB Ahmad Yusuf menggelar jumpa pers terkait virus Corona di Rohil.(f:ant).
ROKAN HILIR, Riauin.com - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Rokan Hilir, Ahmad Yusuf menyebutkan bahwa pemerintah daerah setempat belum mengambil sikap untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Berdasarkan hasil rapat tadi Pemkab Rokan Hilir belum mengambil sikap untuk menerapkan PSBB ini karena banyak kabupaten/kota di Provinsi Riau belum ada menerapkan PSBB, kecuali Kota Pekanbaru," kata Ahmad Yusuf di Bagansiapiapi, Senin (13/4) sore, dilansir Antara.

Ia mengatakan banyak hal yang menjadi syarat untuk menerapkan PSBB tersebut. Yang pertama tentu saja sebaran kasus."Kita termasuk masih dalam kondisi aman dalam kasus ini," ujarnya.

Kemudian percepatan kasusnya, juga kesiapan pemerintah dan kesiapan daripada masyarakat itu sendiri.

Kesiapan masyarakat, menurut dia, menjadi tolok ukur apakah masyarakat itu siap untuk dilakukan PSBB. Jadi itu tetap menjadi pertimbangan pemerintah.

"Jadi banyak hal. Tapi kalau kita mau melakukan disiplin sesuai dengan anjuran yang telah ditetapkan oleh pemerintah insya Allah PSBB itu tidak perlu dilakukan, kita sudah seperti PSBB sebenarnya," demikian Ahmad Yusuf.

Pada Senin awal pekan ini, Gubernur Riau Syamsuar menyempatkan rapat secara telekonferens dengan bupati dan walikota yang ada di wilayahnya terkait penanganan COVID-19 yang kian mengganas.(nal)