Kota Makkah Lockdown

Viral, Pria Ini Duduk Bersimpuh Seorang Diri di Depan Ka'bah


Jumat, 10 April 2020 - 20:20:17 WIB
Viral, Pria Ini Duduk Bersimpuh Seorang Diri di Depan Ka'bah Foto seorang petugas kebersihan Masjidil Haram bersimpuh seorang diri. (F: Net)
MAKKAH, Riauin.com - Inilah elegi tak kan terlupakan bagi umat Islam di seluruh dunia, menjadi saksi penutupan tempat yang paling dirindukan, yakni Ka’bah di Kota Suci Makkah. Tempat pelaksanaan haji dan umrah tersebut ditutup guna menghindari penyebaran virus Covid-19.

Penutupan dilakukan sejak 20 Maret 2020, saat jumlah kasus posisif COVID-19 terus bertambah di sana. Lalu hingga kini tak seorang pun jamaah bisa mendekati Ka’bah apalagi setelah Makkah lockdown, kalaupun ada, itu adalah orang-orang yang terpilih. Siapa?

Dalam foto yang diunggah akun Facebook Zahin Faiz pada Selasa 7 April 2020, terlihat seorang petugas kebersihan sebagai satu-satunya orang dekat dengan Ka’bah.

Dalam postingan itu dijelaskan bahwa dia adalah orang yang dipilih Allah untuk duduk di sana, di dekat Ka’bah yang sepi. Dialah yang terpilih, bukan mereka yang bergelimang harta, bukan pejabat yang penuh kuasa, tapi dia si petugas kebersihan. Dalam postingan itu dijabarkan;

"Dia adalah petugas kebersihan masjid, bukan raja, bukan menteri, juga bukan seorang Pangeran. Allah memilihnya daripada yang lain. Uang, kekayaan, status, dan keluarga tidak akan membantu Anda di mata Allah."

"Jadi singkirkan kebanggaan itu dan perlakukan yang kurang beruntung dengan kebaikan dan kasih sayang. Singkirkan kesombongan Anda dan belajarlah untuk menjadi rendah hati," tulis Zahin Faiz di postingan tersebut."

Baca Juga:

Ya meski Masjidil Haram ditutup, pemerintah Arab Saudi masih mengerahkan ratusan petugas kebersihan untuk melakukan sterilisasi tiap hari. Singkat kata di area Masjidil Haram hanya tersisa petugas keamanan, petugas kebersihan dan pengurus masjid.

Selain Ka’bah yang berada di Masjidil Haram, Masjid Nabawi berada di Madihah juga ditutup. Biasanya jutaan umat Muslim dari seluruh dunia memadati tempat itu untuk beribadah.(okezone/vie)