Terdampak Covid-19, Pemko Pekanbaru Usulkan 2.597 Penerima Kartu Pra Kerja


Rabu, 08 April 2020 - 11:53:54 WIB
Terdampak Covid-19, Pemko Pekanbaru Usulkan 2.597 Penerima Kartu Pra Kerja Wakil Walikota Pekanbaru, H Ayat Cahyadi.

PEKANBARU, Riauin.com - Pandemi virus Corona atau Covid-19 berdampak kepada perekonomian warga Kota Pekanbaru. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengusulkan 2.597 orang memperoleh kartu pra kerja.

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengatakan, para penerima kartu pra kerja ini adalah pekerja dari berbagai sektor yang kena dampak pandemi Covid-19.

"Disnaker Kota Pekanbaru sudah mengusulkannya ke pemerintah provinsi, nanti data itu akan diverifikasi," kata Ayat Cahyadi, Selasa (7/4/2020) sore.

Ada sejumlah kriteria yang nanti harus dipenuhi calon penerima kartu pra kerja. Seperti pekerja di sektor non formal yang sudah kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan pekerja yang dirumahkan, tapi tidak menerima gaji.

"Kemudian pekerja harian di sektor formal dan kesulitan usaha. Ada juga pekerja di sektor informal lain, pekerja di UMKM atau TKI yang baru dipulangkan pasca pandemi Covid-19," jelasnya.

Ayat menegaskan, calon penerima kartu pra kerja bukanlah penerima program bantuan sosial. Petugas nantinya melakukan verifikasi terhadap nama, NIK, alamat hingga domisili kerja. Proses verifikasi dilakukan oleh pemerintah pusat.(int/nol)