Pemkab Siak Gelar Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-98

Alfedri ; "Tingkatkan kapasitas dan kapabilitas personil dan kelembagaan damkar"


Jumat, 31 Maret 2017 - 14:14:19 WIB
Alfedri ;
SIAK, RIAUIN.COM - Pemerintah Kabupaten Siak memperingati HUT Pemadam Kebakaran yang diperingati setiap tanggal 1 Maret dengan menggelar apel bersama yang dipimpin langsung Wakil Bupati Siak, Alfedri, Jum'at (31/03/2017). Berlangsung di Lapangan Tugu depan Istana Siak, Kabupaten Siak.

dihadiri oleh Kajari Siak, Kapolres Siak, Danramil Siak, Kalak BPBD Kab Siak, dan Personil Damkar Siak serta Para Undangan.

“Kami pemadam kebakaran Indonesia, mengutamakan kepentingan masyarakat didalam melaksanakan tugas pencegahan, pemadaman dan penyelamatan, serta senantiasa siap sedia berbakti kepada negara dan bangsa”. Itulah salah satu poin ikrar “Yudha Brama Jaya” yang baca oleh Widia Yupita Syari pada upacara peringatan HUT Damkar ke 98.

Wakil Bupati Siak, Alfedri selaku inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan, sosok petugas damkar hadir memberikan, pelayanan kebakaran kepada masyarakat, merealisasikan tugas pokoknya.

"Disamping tugas pokoknya, petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam, tidak mengenal hari libur, dan siap memadamkan kebakaran dengan motto "Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya dan terus tingkatkan kapasitas dan kapabilitas personil dan kelembagaan damkar, stop kebakaran dan stop  pencemaran asap", kata Wakil Bupati Siak, Alfedri.

Lebih Lanjut Wakil Bupati Ssiak, Alfedri mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran mengingat kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan mata pencaharian, kemunduran ekonomi, kerusakan lingkungan dan bahkan khusus untuk kebakaran hutan dan lahan gambut, karena dapat berdampak terhadap kesehatan dan transportasi serta terganggunya aktivitas ekonomi berskala regional dan internasional.

"Masyarakat dan pasukan Damkar dapat melakukan tindaan preventif, untuk itu dibutuhkan kepedulian masyarakat dalam menjaga diri, keluarga, tempat tinggal, Lahan  dari ancaman kebakaran. Selalu siaga mematikan listrik dan kompor saat keluar rumah", ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Kabupaten Irwan Priyatna mengatakan, petugas damkar Siak selalu siap siaga 24 jam, mulai dari kebakaran pemukiman, karhutla, melakukan penyelamatan setiap musibah bencana alam, kecelakaan dan hal-hal yang menyangkut keselamatan masyarakat.

"Beberapa anggota telah memiliki sertifkat nasional. Terdiri dari F1 sebanyak 47 orang, F2 56 orang, diantaranya lulusan terbaik sertifikasi F1 yang diraih oleh Nindi Aprilia Srikandi dan lulusan Assesor terbaik putra atas nama dirinya sendiri", jelas Iwan.

Lebih lanjut Iwan menjelaskan, Damkar Siak telah berhasil meraih penghargaan terbaik pertama nasional dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan oleh Menteri Dalam Negeri di Jakarta tahun 2015 dan di Semarang tahun 2016 yang lalu. (Fer)