Siak Bakal Olah Limbah Sawit Jadi Energi Hijau


Sabtu, 18 Maret 2017 - 07:41:19 WIB
Siak Bakal Olah Limbah Sawit Jadi Energi Hijau
Siak - Pemkab Siak berencana mendapuk Perusahaan Daerah Sarana Pembangunan Daerah (PD SPS), sebagai BUMD yang bekerjasama dengan PT Biomass Energi Hijau di bidang pemanfaatan energi hijau.

Melalu mekanisme bisnis yang saling menguntungkan, PD SPS akan menjadi suplier tunggal limbah sawit baik padat dan cair bagi industri pengolahan sawit yang diprakarsai PT Biomass.

Kerjasama dibidang energi ini tak hanya semata berdampak positif bagi upaya pelestarian lingkungan hidup, namun Pemkab Siak juga melihat peluang kerjasama ini sebagai potensi peningkatan Perekonomian daerah.

Sebagai tindak lanjut, Bupati Siak Syamsuar mengajak para direksi perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang beroperasi diwilayah Kabupaten Siak, untuk terlibat dalam kemitraan bisnis ini.

"Kedua Perusahaan (PD SPS dan PT Biomass) sudah menandatangani MoU pada tanggal 8 Maret 2017 yang lalu," sebut Bupati Siak Syamsuar di hadapan pelaku industri pabrik kelapa sawit, di Siak Sri Indrapura Kamis kemarin.

Dari ruang pertemuan Pucuk Rebung, Syamsuar mengajak pihak perusahaan yang ada untuk menyatukan komitmen, terkait penanganan limbah sawit dan penyediaan bahan limbah sebagai bahan baku industri.

"Seperti yang kita ketahui, limbah cair maupun padat dari PKS punya nilai jual. Oleh karena itu saya mengajak semua PKS yang ada, agar menjual limbah industrinya kepada perusahaan daerah," pinta Syamsuar.

Ia berharap, keberadaan Kawasan Industri Tanjung Buton yang dibangun di Kabupaten Siak melalui kerjasama ini juga dapat segera di maksimalkan operasionalisasinya, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah.

Bupati dua periode itu optimis, jika pabrik tersebut sudah berdiri, tentunya akan memberikan keuntungan bagi pemerintah daerah dan PKS, karena dari pengolahan limbah kelapa sawit tersebut akan menghasilkan peningkatan nilai guna yang berdampak pada pendapatan BUMD dan pemasukan daerah..

Sementara direktur PD SPS Bob Novitriansyah menambahkan, PT. Biomass Energi Hijau (BEH), akan segera membangun infrastruktur pabrik, serta pembangkit listrik tenaga biomass di Kawasan Industri Tanjung Buton Kabupaten Siak.

Bob mengatakan, selama ini PT Biomass dikenal konsisten mengembangkan industri ramah lingkungan, salah satunya dengan memanfaatkan limbah kelapa sawit banyak dihasilkan PKS di Kabupaten Siak.

"Hasil olahan limbah cair dari PKS tersebut, akan menjadi bahan baku untuk biodiesel, sabun dan pupuk, serta sebagai bahan bakar boiler, yang berfungsi sebagai penggerak turbin pembangkit listrik," ungkapnya. (sfc)