Ada 4,8 Juta Akun Twitter Bukan Manusia


Rabu, 15 Maret 2017 - 10:01:08 WIB
Ada 4,8 Juta Akun Twitter Bukan Manusia
Jakarta - Praktik jual beli follower rasanya sudah lazim dilakukan di beberapa platform media sosial, termasuk di antaranya adalah Twitter. Karenanya, tak heran bila hampir 15% akun Twitter yang eksis adalah robot atau bot.

Pernahkah Anda mendapat notifikasi follow dari sebuah akun yang tidak Anda kenal? Atau mungkin notifikasi like juga dari akun asing? Percaya atau tidak, mungkin akun tersebut adalah bot.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Southern California dan Indiana University, ditemukan sebanyak 4,8 juta akun Twitter bot. Dengan demikian, dari total 319 juta akun Twitter yang aktif, sekitar sembilan sampai 15% merupakan akun bot.

Jumlah ini jelas merupakan dua kali lipatnya dari yang dipaparkan oleh perusahaan dengan menggunakan data dari lembaga Securities and Exchange Commision (SEC), di mana di tahun 2014 lalu ditemukan 8,5% akun ditengarai merupakan akun bot.

Hanya saja, peneliti mengingatkan bahwa jumlah 15% itu merupakan perkiraan konservatif, mengingat sifat canggih bot yang kompleks. Karenanya, terkadang bot pun bisa teridentifikasi sebagai pengguna sungguhan, dalam hal ini manusia. (dtc)