Puluhan Rumah di Mandau Terendam Banjir, Ratusan Warga Terpaksa Mengungsi


Jumat, 27 Januari 2017 - 22:10:17 WIB
 Puluhan Rumah di Mandau Terendam Banjir, Ratusan Warga Terpaksa Mengungsi ilustrasi banjir (net)
Riauin.com, Bengkalis - Sebanyak 156 warga Mandau, Bengkalis terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

Kondisi ini dibenarkan Kepala UPT Dinas Sosial Mandau, Hj Tengku Farida. Ia mengatakan banjir yang terjadi sejak Senin (23/1/2017) lalu telah menyebabkan 56 rumah warga Desa Bathin Sobanga, Kecamatan Mandau kemasukan air.

"Warga memilih mengungsi ke pinggir Jalan Lintas Sumatera, atau Jalan Duri-Dumai ini karena hanya tempat itu yang dinilai lebih tinggi dari tempat lainnya," ujar Tengku Farida dikutip dari GoRiau, Jumat (27/1/2017).

Dijelaskan Farida, sejauh ini belum ada laporan warga yang sakit, meski sudah beberapa hari menginap di tenda darurat dekat pinggir Jalan tersebut.

"Anak-anak yang rumahnya terendam banjir ini juga tidak bisa masuk sekolah. Seragam dan buku-buku mereka juga sudah basah," terangnya lagi.

Dari hasil survey kemarin, kata Farida lagi, hari ini para korban banjir ini akan mendapat bantuan sembako serta obat-obatan dari Dinas Sosial Bengkalis.

"Mungkin saat ini sudah dalam perjalanan menuju Duri. Selain sembako dan obat-obatan ini, biasanya Dinas Sosial juga memberikan bantuan tenda darurat untuk warga," tutupnya.
Menurut Farida, air belum akan surut jika curah hujan masih tinggi. Namun jika cuaca panas, kemungkinan air surut hanya 15 cm.

"Kepada warga kita harapkan bersabar menempati tenda darurat. Jangan cepat panik dan gegabah kembali ke dalam rumah untuk menyelamatkan barang-barang. Sementara ketinggian air saat ini yang cukup dalam," tutupnya. (*)