Bupati Amril, Serahkan SK dan Ambil Sumpah 378 ASN/PNS


Rabu, 03 Juli 2019 - 07:54:22 WIB
Bupati Amril, Serahkan SK dan Ambil Sumpah 378 ASN/PNS
BENGKALIS, Riauin.com – Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengambil sumpah dan janji sebanyak 378 orang PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis Selasa, 2 Juli 2019, bertempat di Balai Kerapatan Srimahkota.

378 orang PNS yang diambil sumpah dan janjinya tersebut terdiri dari 223 orang PNS  yang baru diserahkan SK nya oleh Bupati Amril serta 155 orang PNS yang terlebih dahulu telah diangkat namun belum pernah mengucapkan sumpah dan janji.

Sumpah dan janji dimaksud merupakan pelaksanaan amanat pasal 65 ayat (1) dan ayat (2) serta pasal 66 ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara menyatakan bahwa pengangkatan CPNS menjadi PNS  harus memenuhi persyaratan, diantaranya telah lulus pendidikan dan pelatihan serta sehat jasmani dan rohani dan bagi yang telah memenuhi persyaratan tersebut diangkat menjadi PNS  oleh pejabat pembina kepegawaian dan pada saat pengangkatan menjadi PNS  wajib mengucapkan sumpah dan janji dihadapan pejabat yang berwenang menurut agama dan kepercayaannya kepada Tuhan yang Maha Esa.

Bupati Amril mengharapkan sumpah dan janji PNS  tersebut bukan hanya sekedar dilafazkan dan menjadi pelengkap administrasi persyaratan menjadi PNS, akan tetapi dipatuhi dan dipenuhi. Karena sumpah dan janji tersebut akan dimintai pertanggungjawabannya baik oleh negara, masyarakat terlebih dihadapan tuhan yang Maha Esa.

“Tatkala sumpah dan janji telah saudara-saudara ucapkan atau ikrarkan, jika tidak dilaksanakan dan ditaati secara benar maka ada empat komponen yang dibohongi yaitu diri sendiri, masyarakat dan negara atau daerah serta tuhan yang Maha Esa. konsekuensinya norma etika, norma adat, norma hukum dan norma agama secara  otomatis dilanggar,” ucap Amril.

Lanjut orang nomor satu di Negeri Junjungan ini, dalam menjalankan tugas PNS diminta untuk tidak hanya sekedar asal-asalan, tapi dituntut untuk menguasai dan memahami tupoksi yang didukung dengan ketekunan, keuletan, komitmen, integritas dan disiplin, serta profesional.

“Berikanlah pengabdian dan loyalitas anda untuk kabupaten bengkalis, curahkan semua perhatian dan kemampuan anda untuk melayani masyarakat dan demi terwujudnya kabupaten bengkalis sebagai model negeri maju dan makmur di Indonesia, terangnya.
Turut hadir, anggota Forkopimda, sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Adminstrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (int/nol)