Cegah Banjir, Satpol PP Pekanbaru Sterilkan​ PKL Berjualan di Atas Parit


Sabtu, 22 Juni 2019 - 07:15:31 WIB
Cegah Banjir, Satpol PP Pekanbaru Sterilkan​ PKL Berjualan di Atas Parit
PEKANBARU, Riauin.com - Penertiban pedagang kaki lima (PKL) oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru di sepanjang pinggiran​ Jalan Soebrantas berlanjut hingga malam Jumat (21/6/2019). Pedagang yang berjualan di atas penutup parit disterilkan.

Tujuan penertiban ini untuk memperlancar aliran arus air di dalam parit. Berharap ketika hujan datang tidak menyebabkan banjir karena meluapnya air ke permukaan jalan.

Kasat Satpol PP Kota Pekanbaru, Agus P kepada wartawan, di lapangan menyebutkan penertiban ini semata-mata untuk mencegah datangnya banjir di kemudian hari yang disebabkan di dalam parit tersebut ada sampah menumpuk.

"Pedagang PKL yang berjualan di atas penutup parit Jalan Soebrantas, Panam ditiadakan lagi. Mengingat parit yang tertutup ini penyebab air meluap ke jalan hingga menyebabkan banjir," kata Agus.

Upaya yang dilakukan ini, menurut Agus telah sesuai dengan perintah Pemko Pekanbaru. Dimana, banyak warga yang melaporkan ke pihaknya, untuk itu pihaknya hingga malam ini masih di lapangan mensterilkan PKL yang berjualan di atas parit.

"Tadi sudah kita liat sama-sama. Saat pembongkaran penutup selokan (parit), semuanya berisikan sampah. Ini yang menyebabkan tidak lancarnya aliran air yang mengalir, sampai akhirnya air meluap ke jalan," sebut Agus.

Sejauh ini, masih menurut Agus mayoritas PKL menempatkan jualannya di pinggir​ jalan dengan sengaja menutupin selokan untuk menjajakan dagangannya. Meski demikian, pihaknya terus melakukan inovasi terbaru, PKL yang berjualan masih tetap bisa mencari nafkah untuk kebutuhan hidupnya mendatang.

"Kan banyak halaman ruko yang belum ditempati. Mereka (PKL) kan bisa menjajakan dagangannya di sana tanpa harus menutup parit yang nantinya dapat menyusahkan kita bersama. Hari ini kita berikan tindakan tegas kepada pedagang yang membandel," pungkas Agus. (int/nol)