Keuangan Memburuk, Ribuan PNS di Meranti Belum Terima Insentif


Kamis, 29 Desember 2016 - 22:33:35 WIB
Keuangan Memburuk, Ribuan PNS di Meranti Belum Terima Insentif
Riauin.com, Selatpanjang - Sejak dua bulan terakhir, isentif Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Kepulauan Meranti belum juga cair, lantaran kondisi keuangan memburuk.

Hal ini diakui Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Yulian Norwis. Menurutnya, salah satu dampak dari kondisi ini antara lain, 3.538 PNS di wilayah kerjanya terpaksa harus mengalami penundaan permbayaran isentif.

"Kami sedang mencari jalan keluarnya, apakah itu akan dikurangi, dirapel di detik-detik habis tahun 2016 ini, atau awal tahun 2017 mendatang. Jika kami rapel tahun mendatang, tentu akan dikaji kembali aturan dan prosedurnya seperti apa. Yang jelas saya optimis akan dibayarkan,"ujar Plt. Sekda yang kerap disala Icut itu, Kamis (29/12/2016).

Diungkapkan Icut Kembali, untuk menutupi anggaran isentif tersebut, dalam setiap bulan pemda dibebankan anggaran sebesar Rp. 10 M. Jika terhutang dua bulan totalnya sebesar Rp. 20M.

Untuk itu, Ia meminta PNS Meranti dapat bersabar. Sebagai pertimbangan, selain jarang terlambat pencairan Insentif, dari 12 kabupaten dan kota Provinsi Riau, Kabupaten Kepulauan Meranti termasuk paling besar nominal pendapatan isentif PNS nya.

"Jarang telat pencairannya, minimal tanggal 20 pertengahan bulan biasanya sudah cair. Ditambah, dari 12 kabupaten kota Riau, Meranti besar pendapatan mereka. jika dibadingkan dengan Tanjungbalai Karimun tidak sampai satu juta ripiah untuk semua golongan,"ungkap icut di ruang kerjanya.

Untuk itu, dirinya sangat mengharapkan seluruh PNS Meranti agar dapat bersabar menyikapi hal tersebut agar terus menjaga etos, dan profesionalitas kerja, serta bisa mempertimbangkan kondisi keuangan Pemda saat ini, ujar Icut.

"Saya yakin PNS Meranti mengerti dan mengetahui kendala Pemda menunda pembayaran tersebut. Untuk itu, saya sangat berharap seluruh PNS selalu menjaga profesionalitas dan etos kerja,"Kata Icut. (*)