Musim Kemarau, Hafizoh Ingatkan Masyarakat Meranti Waspada Karhutla


Ahad, 31 Maret 2019 - 15:10:23 WIB
Musim Kemarau, Hafizoh Ingatkan Masyarakat Meranti Waspada Karhutla
SELATPANJANG,riauin.com-- Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kepulauan Meranti seolah menjadi langganan saban tahunnya. Pantas jika kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Kabupaten termuda di Provinsi Riau ini menjadi perhatian serius Pemerintah Daerah.

Akibat kebakaran lahan yang terjadi selama sebulan terakhir, juga menjadi perhatian khusus Hafizoh, SAg.MM, anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini terungkap dalam pertemuan reses di Desa Gayung Kecamatan Rangsang.

Hafizoh yang juga anggota Komisi C DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti ini menyampaikan kepada masyarakat Desa Gayung agar selalu waspada dengan kebakaran lahan yang terjadi di pulau Rangsang. Dia mengimbau kepada masyarakat Gayung agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di sembarang tempat, terlebih lagi di musim kemarau ini.

"Agar tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di sembarang tempat. Karena mudah saja tanah atau lahan kita terbakar, apalagi tanah kita di Meranti umumnya tanah gambut yang rawan terbakar," katanya.

Bukan itu saja Hafizoh juga menyampaikan kepada masyarakat agar bisa memberikan informasi kepada kepala desa jika ada lahan yang terbakar di desanya, sehingga kepala desa dan aparat seperti Babinsa bisa turun langsung memadamkan api. Karena kebakaran lahan ini menjadi perhatian khusus pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti saat ini.

Pada kesempatan itu Hafizoh juga menyempatkan diri untuk meninjau lokasi kebakaran di Desa Gayung. Dalam kunjungannya anggota DPRD  Meranti dari Fraksi Golkar ini mengatakan kepada perangkat desa agar selalu mengimbau kepada masyarakat saat musim kemarau tiba agar masyarakat bisa berhati-hati untuk membakar sampah atau membuang puntung rokok di lahan yang kering karena sangat mudah terbakar.

Hafizoh juga berpesan kepada masyarakat agar selalu waspada dengan kebakaran lahan dan selalu berdoa agar hujan segera turun untuk menghentikan meluasnya kebakaran lahan di desa ini.

"Sebagai wakil rakyat saya prihatin dengan musibah kebakaran lahan di Kabupaten Kepulauan Meranti, dan saya mendukung penuh setiap upaya pemadaman api yang melibatkan Polri, TNI, dan BPD Kabupaten Kepulauan Meranti yang berjuang memadamkan api yang terjadi di beberapa titik di Kabupaten Kepulauan Meranti. karena bukan hal yang mudah melakukan pemadaman api yang terjadi dibeberapa titik," pungkasnya.(adv)