BNN Lakukan Tes Urine untuk Semua Anggota DPRD Riau


Selasa, 06 Desember 2016 - 12:53:45 WIB
BNN Lakukan Tes Urine untuk Semua Anggota DPRD Riau ilustrasi tes urine
Riauin.com, Pekanbaru - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau melaksanakan tes urine kepada pegawai, staf dan seluruh anggota DPRD Riau, mulai Senin (5/12/2016) pagi. 

Rencananya, tes akan berlangsung selama tiga hari. Ada 165 pegawai dan staf yang mengikuti tes urine di hari pertama kemarin. Selanjutnya menyusul untuk 120 tenaga honorer.

"Kita ingin Riau jauh dari Narkoba dan kita harus menyiapkan generasi kita bebas dari Narkoba," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Riau, Mulsyelvia.

Ditambahkannya, hal ini dilakukan untuk mewujudkan institusi yang bersih dari bahaya Narkoba. 

"Karena kita tahu negeri kita tengah darurat narkoba, untuk itu dengan adanya tes urine dikalangan DPRD Provinsi Riau ini merupakan contoh dan bisa diikuti oleh instansi-instansi lain," ujar Musyelvia.

Hasil dari tes urine masih dalam tahap pengecekan dan belum diketahui apakah ada yang terindikasi. Apabila ada yang terindikasi, hasil tersebut akan dikoordinasikan kepada sekretaris dewan (sekwan).

Menanggapi adanya tes urine oleh BNN, Kepala Badan Kehormatan DPRD Provinsi Riau, Taufik Arrahman memberikan apresiasi positif. Karena ini merupakan salah satu langkah nyata dan serius dewan dalam memerangi narkoba di Riau.

"Kita berharap dengan tes urine ini, maka kita akan mengetahui sejauh mana kebersihan angota dewan dan beserta lingkungan yang ada. Dari hasil tes urine ini kita akan berkordinasi dengan pihak BNN, bagi ada temuan ada pihak yang positif menggunakan Narkoba akan kita tindak lanjuti sesuai aturan berlaku,"pungkasnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Riau, Noviwaldy Jusman mengatakan, kegiatan ini dilakukan sehubungan dengan bahaya narkoba yang kini sudah menyerang seluruh kalangan di masyarakat.

"Kegiatan ini dadakan dan bekerja sama dengan BNN Riau. Kita berharap semuanya dapat menjalani tes urine tanpa terkecuali. "Saya minta kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) siapa orang tidak mau tes urine kita laporkan langsung ke Badan Kehormatan DPRD dan langsung kita keluarga dari dewan ini," tegasnya. (adv)