Kanal

Ini Minuman yang Disarankan Saat Sahur agar Tak Cepat Haus

RIAUIN.COM - Saat sahur ada beberapa jenis minuman yang disarankan untuk mendukung kebutuhan nutrisi. Ini karena saat berpuasa, tubuh bisa tidak dapat mendapat asupan makanan dan minuman apapun selama sekitar 12 jam.

Nah terkait hal tersebut, biasanya orang-orang lebih fokus pada makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi selama berpuasa. Sementara jenis minuman yang masuk ke dalam tubuh disepelekan.

Padahal tingkat cairan tubuh dapat berpengaruh kepada kondisi dan ketahanan melakukan aktivitas sepanjang hari. Mengonsumsi cairan yang cukup dapat menghindarkan seseorang dari keluhan sakit kepala, dehidrasi, pusing, dan kelelahan selama berpuasa.

Minuman yang Disarankan dilansir dari detik.

1. Air putih
Air putih jelas jadi pilihan pertama untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh saat sahur. Dalam sehari seseorang disarankan mengonsumsi 2 liter air yang dibagi dalam porsi 8 gelas. Sebanyak lima gelas disarankan diminum dalam periode buka puasa hingga menjelang tidur dan 3 gelas diminum saat sahur.

2. Susu
Ahli diet dari Universitas Medipol, Canel Oner, menyarankan juga minum susu saat sahur. Alasannya karena kandungan protein susu dapat membantu mempertahankan rasa kenyang, selain susu itu sendiri memenuhi kebutuhan cairan.

3. Yoghurt
Mengonsumsi yoghurt disarankan saat sahur karena alasan yang sama seperti susu. Selain itu yoghurt juga mengandung probiotik yang baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna.

Minuman yang Sebaiknya Dihindari
Bila ada minuman yang disarankan, maka ada juga minuman yang sebaiknya dihindari saat sahur. Canel mengatakan minuman tersebut adalah teh dan kopi yang mengandung kafein.

Alasannya kafein merupakan diuretik yang membuat tubuh akan jadi lebih sering membuang air lewat urine. Dampaknya saat puasa seseorang jadi lebih mungkin untuk merasa haus karena kekurangan cairan tubuh. (*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler