Kanal

Cocok Buat Sahur, 7 Buah Ini Bisa Bikin kenyang Lebih Lama

RIAUIN.COM - Waktu sahur menjadi yang paling penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh sebelum memulai puasa. Konsumsi buah sangat penting untuk membantu kenyang lebih lama hingga mencegah konstipasi.

Bukan hanya konsumsi makanan yang mengenyangkan, makan buah saat sahur juga penting untuk diperhatikan. Kehadiran buah di antara menu sahur diperlukan untuk membantu tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan sehingga saat berpuasa tubuh tetap fit.

Mengutip HealthXChange, kehadiran buah saat sahur juga dapat membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama hingga mencegah konstipasi yang dialami beberapa orang saat menjalankan puasa. Pakar kesehatan mengatakan ada buah-buah tertentu yang cocok untuk disantap saat sahur.

Buah-buahan yang kaya akan air dan serat ini dapat membantu perut mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama. Selai itu kandungan vitamin, mineral dan fitonutriennya mampu memenuhi kebutuhan tubuh.

Berikut ini 7 buah-buahan yang direkomendasikan untuk dimakan saat sahur agar kenyang lebih lama menurut VOI:

1. Pir
Satu buah pir ukuran sedang mengandung serat sekitar 4 gram. Buah ini menjadi salah satu buah kaya nutrisi dan tinggi kandungan airnya.

Lebih dari setengah kandungan seratnya berbentuk gel yang tebal dan dapat dicerna oleh tubuh secara perlahan. Serat yang tebal ini membuat pir dapat memenuhi ruang di dalam rongga perut sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

2. Apel
Apel selalu dianggap sebagai kunci kesehatan. Sekitar 80 persen kandungan buah apel berisi pektin dan serat larut yang hampir mirip dengan buah pir.

Saat digit, apel memiliki tekstur yang renyah karena 85 persen dari komponennya diisi oleh air. Menurut para pakar gizi, apel juga bisa lebih mengenyangkan jika disandingkan dengan bahan makanan sumber protein terutama ketika sahur.

3. Blackberry
Buah berukuran kecil ini ternyata memiliki manfaat yang berkali-kali lipat besar dibandingkan dengan ukurannya. Pada segenggam buah blackberry mengandung 8 gram serat yang baik untuk pencernaan.

Buah ini juga memiliki kandungan gula yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi bagi segala jenis kondisi kesehatan. Jika ingin kenyang yang lebih lama, blackberry bisa dipadukan dengan yogurt untuk sekaligus menjaga kesehatan usus.

4. Jeruk
Tidak terikat dengan musim, hampir sepanjang tahun buah jeruk bisa ditemukan di berbagai penjual buah. Jeruk tidak hanya mengandung vitamin C tetapi juga berbagai komponen nutrisi seperti pektin, lignin hingga selulosa.
Komponen tersebut membuat jeruk akan membantu memberikan rasa kenyang yang lebih lama jika disantap saat sahur. Kandungan airnya yang tinggi juga membuat jeruk berkotribusi untuk membantu mekanisme pencernaan sehingga perut akan terasa penuh dalam waktu yang lebih panjang.

5. Pisang
Dikenal sebagai buah kaya vitamin, konsumsi pisang banyak dipercaya dapat membantu produksi energi di dalam tubuh. Pisang dipenuhi dengan kandungan serat dan sedikit kandungan airnya.

Pisang memiliki pati yang berperan sebagai prebiotik yang sangat baik untuk usus. Setidaknya mengonsumsi satu buah pisang saat sahur akan membantu perut merasa kenyang lebih panjang saat mulai berpuasa.

6. Wortel
Wortel memiliki rasa manis yang alami. Uniknya, rasa manis pada wortel ini tidak mengandung kadar gula yang tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi berbagai kalangan. Sebuah wortel berukuran sedang memiliki kandungan serat sebanyak 4 gram dengan 50 gram kalori di dalamnya.


Teksturnya yang renyah juga dipengaruhi oleh kadar air wortel yang cukup tinggi. Pada saat sahur, wortel bisa saja disajikan menjadi beragam hidangan. Mulai dari campuran pada sup hingga jus atau smoothie yang menyegarkan.

7. Alpukat
Daftar buah terakhir yang direkomendasikan adalah si kaya nutrisi bernama alpukat. Kandungan lemak sehatnya yang tinggi membuat alpukat aman untuk dikonsumsi dan mampu memberikan rasa kenyang yang lebih panjang.

Jika ingin merasa lebih kenyang, alpukat bisa dipadukan dengan bahan makanan sumber protein. Saat sahur alpukat bisa saja disajikan sebagai salad dengan bahan tambahan yang sehat lainnya atau dikonsumsi sebagai buah utuh yang menyegarkan.  (*)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler