Kanal

Kukerta Relawan Covid-19 Unri Bantu Bagikan BLT dan Masker ke Warga Bambu Kuning Pekanbaru

PEKANBARU, RiauIN.com - Tim kuliah kerja nyata (Kukerta) relawan Covid-19 Universitas Riau (Unri) membantu pemerintah dalam pembagian bantuan langsung tunai (BLT) dan masker  kepada Masyarakat di Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau, Sabtu (27/6/2020). 

Ketua Kelompok Kukerta Unri Rizky Simonsius mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemerintah membagikan masker dan BLT kepada masyarakat. Sebab, masih banyak warga yang belum menggunakan masker ketika beraktivitas. 

"Walaupun sekarang sudah memasuki New Normal, bukan berarti masa pandemi covid-19 berakhir. Maka dari itu masyarakat sangat diharapkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Rizky.

Lurah Bambu Kuning Samsuri mengaku sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa Unri ikut serta membagikan  BLT dan masker kepada warga. Kendati demikian, saat berada dilapangan semua mahasiswa tetap diingatkan agar menjaga jarak.

"Alhamdullilah, dari awal hingga selesai kegiatan ini berjalan lancar. Tentu, kehadiran mahasiswa ikut meringan kerja kita dilapangan," ujar Lurah didampingi Seklur Wini Perwita Sari.

Lokasi pembagian masker, lanjutnya,   yaitu di pasar yang ada di kelurahan bambu kuning dan masker dibagikan juga kepada warga yang tidak memakai masker yang ditemui dijalanan, dan ditempat keramaian. Masker yang dibagikan terbuat dari kain yang bisa digunakan dan dicuci lalu dipakai kembali. 

Selain Rizky Simonsius dari Fakultas Hukum, juga ada Helen (Fakultas FMIPA), Monika Simamora, Lily Imelda, Reza Afrian (Fakultas FKIP). Semua Tim Kukerta ikut serta dalam kegiatan pembagian masker.

Kemudian, pada Jumat (29/6/2020), tim Kukerta Unri ini juga berpartisipasi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat. Bantuan ini merupakan program pemerintah untuk masyarakat yang mengalami penurunan ekonomi dimasa pandemi Covid-19. 

"Mekanisme penerimaan BLT ini yaitu dengan penerimaan nama masyarakat dari kementrian sosial melalui dinas sosial kabupaten lalu diberikan undangan oleh Kantor Pos untuk disebarkan kepada masyarakat," ujar Samsuri.

Undangan tersebut diambil oleh masyarakat ketempat kelurahan masing-masing yang nantinya akan dibawa kembali bersama dengan fotokopi KK dan KTP untuk pencairan dana BLT tersebut. BLT yang diberikan sejumlah Rp 600.000,- per bulan selama 3 bulan terhitung sejak April 2020. Pencairan dana dimana Tim Kukerta ikut berpartisipasi yaitu dilaksanakan di Kelurahan Bencah Lesung.(rls)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler