Kanal

Lebih Suka Makan Pisang Hijau atau Pisang Kuning? Sekarang Ketahui Perbedaannya!

JAKARTA, RiauIN.com - Ketika membeli pisang banyak yang memilih pisang kuning daripada pisang yang kulitnya warna hijau. Alasannya pisang kuning lebih manis karena sudah matang. Sebaliknya pisang hijau agak terasa seperti atau kelat.

Padahal kedua jenis pisang ini punya kandungan nutrisi dan khasiatnya masing-masing untuk tubuh.

Agar bisa memilih mana yang akan konsumsi sesuai kebutuhan, baiknya ketahui dulu beda kandungan nutrisi dalam pisang hijau dan pisang kuning. Berikut 6 perbedaan, sekaligus manfaatnya:

1. Pisang Diet
Pisang hijau kerap disebut pisang diet, karena ketika menjadi kuning kadar gula di dalamnya meningkat. Artinya pisang hijau gulanya.

Gula dalam pisang hijau tersimpan dalam bentuk pati resisten. Ia adalah jenis karbohidrat yang nggak bisa diuraikan oleh enzim pencernaan, sehingga sulit hancur. Meski lebih sedikit kalorinya, asupan pati resisten bikin kamu kenyang lebih lama. Disamping menurunkan kadar gula darah, ia juga menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Sedangkan gula dalam pisang kuning tersimpan dalam bentuk sederhana seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Ia mudah dipecah tubuh sehingga cepat menaikkan gula darah. 

Oleh sebab itu penderita diabetes sebaiknya memilih mengonsumsi pisang hijau ketimbang pisang kuning.

2. Kandungan Lemak Baik
Pisang kuning mengandung lemak sehat yang baik untuk menjaga kolesterol. Sedang pisang hijau sama sekali tidak mengandung lemak.

Jumlah lemak baik dalam pisang kuning termasuk sangat sedikit, hanya sekitar 0,1 gram. Lemak baik ini berfungsi menjaga kadar kolesterol baik HDL, dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Penelitian juga menunjukkan bahwa dua lemak baik ini bermanfaat untuk mengontrol kadar insulin dan kadar gula darah, yang akan menurunkan risiko penyakit diabetes melitus tipe 2.

Tapi sayangnya lemak baik ini hanya terkandung pada pisang kuning atau yang sudah matang.

3. Antioksidan
Kandungan antioksidan pada pisang kuning lebih banyak dibandingkan dengan pisang hijau.

Pisang merupakan salah satu sumber makanan tinggi antioksidan yang ampuh melawan efek merugikan dari radikal bebas dalam tubuh, sekaligus mencegah penuaan. 

Radikal bebas merupakan molekul-molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan penyakit. Nah, untuk asupan antioksidan yang tinggi bisa kita dapatkan lebih banyak pada pisang kuning.

4. Kandungan vitamin dalam pisang hijau maupun pisang kuning relatif sama banyaknya.

Selain mengandung kalori, lemak baik, dan antioksidan tinggi, pisang juga mengandung beberapa jenis vitamin yang diperlukan tubuh. Vitamin itu antara lain vitamin A, B1, B2, B3, dan vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin ini relatif sama, baik pada pisang kuning maupun yang hijau.

5. Kadar sejumlah mikronutrien seperti magnesium, seng dan mangan berubah sesuai dengan tingkat kematangan pisang.

Mikronutrien berperan penting dalam proses pembentukan hormon maupun sistem kekebalan tubuh. Pisang memiliki beberapa jenis zat mikro ini, antara lain magnesium, seng atau zink, dan mangan. Semakin matang pisang, kadar magnesium yang bagus untuk jantung dan tulang akan semakin menurun. Namun, kandungan seng dan mangan justru akan lebih banyak pada pisang kuning daripada pisang hijau.

6. Penangkal Kanker
Pisang dengan bintik-bintik hitam lebih ampuh tangkal kanker ketimbang pisang hijau dan kuning yang bersih.

Bintik hitam pada bagian luar kulit pisang menunjukan kondisi matang pada pisang. Pisang memiliki kandungan Tumor Necrosis Factor (TNF) atau sifat anti kanker yang sangat kuat. Dimana kandungan itu akan membantu peningkatan bproduksi sel darah putih dalam tubuh dalam jumlah yang baik. 

Kandungan TNF inilah yang menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit pisang. Semakin banyak bintik hitam, maka semakin banyak pula kandungan imun TNF yang terkandung dalam pisang.

Jika dibandingkan dengan pisang hijau atau pisang yang memiliki kulit kuning bersih, maka pisang dengan bintik hitam ini 8 kali lebih efektif dalam peningkatan sel darah putih, dan mencegah kanker dalam tubuh.

Nah, sekarang sudah tahu kan perbedaan kandungan nutrisi pada pisang hijau maupun pisang kuning. Meski keduanya bermanfaat bagi tubuh, perhatikan perbedaannya.(nsv)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler