Kanal

New Normal, Kukerta Unri Beri Edukasi ke Warga Kabun Rohul

ROHUL, RiauIN.com - Partisipasi aktif dalam memutus rantai penyebaran virus Corona (Covid-19) ditunjukkan secara nyata oleh Mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Provinsi Riau.

Ketua Tim Kukerta Unri Relawan Covid-19 Kecamatan Kabun Rizal Veto mengatakan, sebagai salah satu upaya membantu pemerintah dalam mengantisipasi mewabahnya virus Corona, Tim Kukerta Unri ikut berperan aktif memberikan edukasi ke masyarakat terkait bahaya Covid-19. 

"Di fase New Normal ini, kami ikut membantu memberikan edukasi kepada masyarakat di lokasi Kukerta. Kegiatan itu dikemas dalam bentuk program relawan Covid-19. Kegiatan ini didukung Pemerintah Kecamatan dan  Tim Kepolisian dari Polsek Kabun," kata Rizal, Senin (15/06/2020). 

Edukasi New Normal, lanjutnya,  merupakan cara untuk mempersiapkan masyarakat lebih waspada dan memperhatikan kesehatan diri sendiri selama beraktivitas di luar rumah. 

Tim Kukerta Unri Relawan Covid-19 Kecamatan Kabun yang turun ke lapangan dalam memberikan edukasi diantaranya Rizal Veto, Maya Safitri, Dewi Marfu’a dan Hesti Kumala Sari yang didampingi oleh Tim Kepolisian Polsek Kabun. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya untuk mematuhi dan melaksnakan protokol kesehatan.  

"Edukasi ini kami lakukan di pasar kabun saat sedang hari pasar, masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker saat ke pasar, itu artinya masih ada masyarakat yang belum mengetahui dan memahami seperti apa New Normal yang disampaikan pemerintah," ucap Rizal.

Dewi menambahkan, sejak dibukanya PSBB dan penerapan New Normal, edukasi kepada masyarakat sangat penting dilakukan untuk menekan angka penularan dan penyebaran virus Corona. 

"Kami melakukan kunjungan dan memberi edukasi secara langsung terutama pada masyarakat yang kurang mengerti penggunaan teknologi seperti kalangan dewasa, tua dan lansia. Jika dilakukan edukasi secara online akan sulit," jelasnya.

Adapun bentuk edukasi yang dilakukan yaitu memberikan gambaran mengenai proses penularan virus, gejala terserang virus Covid-19, cara pencegahan, apa saja yang harus disiapkan menghadapi New Normal. 

"Kami juga membagikan buku saku tentang New Normal, masker dan hand sanitaizer gratis untuk masyarakat setelah kegiatan tersebut,” tambah Hesti.

Ada beberapa tips kesehatan yang diberikan kepada warga dalam menghadapi era new normal di tengah pandemi Covid-19. Pertama, terapkan physical distancing dan jaga jarak sekitar 1 hingga 2 meter dengan orang lain. Kedua, bawa masker cadangan dan gunakan masker sesuai standar WHO (World Health Organization) yang terdiri dari tiga lapis. Ketiga, pemakaian masker yang tepat untuk menutupi daerah hidung sampai dagu.

"Mari menaati peraturan pemerintah, selalu jaga kesehatan, selalu memakai masker dan  menjaga jarak fisik dengan orang lain saat berkegiatan," tutup Maya.(rls)

Ikuti Terus Riauin

Berita Terkait

Berita Terpopuler